Serba-Serbi KFC DBL Festival 2023: Proses Seleksi Menuju KFC DBL Indonesia All-Star 2023

246 atlet pelajar telah terpilih menjadi peserta.

85

Perhelatan festival basket tahunan yang diselenggarakan oleh DBL Indonesia dan KFC, yakni KFC DBL Festival 2023, akan kembali dilaksanakan tahun ini. Festival yang berlangsung selama satu minggu pada tanggal 9 hingga 14 Mei mendatang ini telah dibuka dengan KFC DBL Camp 2023 di Gor Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan.

Pada camp kali ini, sebanyak 246 student-athlete telah terpilih menjadi peserta, terdiri dari 123 campers putri dan 123 campers putra yang berasal dari 172 sekolah, juga 54 pelatih terpilih dari seluruh kota di Indonesia akan berkumpul di Jakarta.

Mereka merupakan atlet basket putra dan putri sekaligus pelajar berbakat, yang telah disaring dari sebanyak 20.000 peserta pada kompetisi Honda DBL with KFC musim 2022–2023 yang telah digelar pada 32 kota dari 23 provinsi.

Pada tahun ini, KFC juga melakukan ekspansi ke satu provinsi di Indonesia yaitu Sulawesi Tengah, yang berlangsung di Kota Palu “Road to DBL Central Sulawesi” pada bulan Maret lalu.

“KFC DBL Camp 2023 ini merupakan program pencarian dan pengembangan jagoan berbakat basket pelajar yang dilakukan secara masif di 31 kota dari 23 provinsi se-Indonesia. Dengan menyasar para atlet pelajar SMA atau sederajat,” jelas CEO PT Fast Food Indonesia, Eric Leong selaku dalam keterangannya.

FYI, program pemusatan pelatihan bola basket pelajar terbesar dan terbaik di Indonesia ini untuk kali pertama berlangsung di Jakarta. Setelah sejak tahun 2008 hingga 2022 secara konsisten selalu digelar di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Menurut Direktur DBL Indonesia, Masany Audri, hal ini karena Jakarta telah terpilih sebagai tuan rumah dari acara bergengsi FIBA World Cup 2023 bersama Filipina dan Jepang pada bulan Agustus mendatang.

“Melalui KFC DBL Festival 2023 yang digelar Mei ini di Jakarta, kami ingin ikut menyemarakkan atmosfer menyambut pesta basket akbar kelas dunia tersebut, dengan menyasar masyarakat luas, bukan hanya penggemar basket,” jelasnya.

Para Campers Akan Dilatih Oleh Sederet Pelatih dari World Basketball Academy (WBA)

Pada kegiatan ini, para ratusan student-athlete akan dilatih dengan sederet pelatih top kaliber dunia dari World Basketball Academy (WBA) Australia bersama dengan para pelatih dari DBL Academy.

Seperti Andrew Vlahov, legenda basket Australia yang menjadi bagian timnas basket Negeri Kanguru pada 4 edisi olimpiade (1988, 1992, 1996, dan 2000), lalu Shane Froling, Michael Lake, Makaila Dyer, dan terakhir Mick Downer.

Sedangkan dari DBL Academy terdapat Dimaz Muharri, Erwin Triono, Didit Pamungkas, dan Madya Friman. Ada juga dua legenda basket Indonesia, Rony Gunawan dan Andrie Ekayana serta dua alumni DBL Indonesia All-Star, Regita Pramesti dan Faizzatus Shoimah.

Info baiknya gengs, sebagai salah satu kegiatan terbuka, masyarakat umum dan para pencinta basket di Jakarta bisa ikut menyaksikan berbagai aktivitas ratusan para campers atau peserta KFC DBL Camp 2023 selama di Jakarta ini, lho. Jadi, kamu bisa melihat bagaimana seluruh proses pelatihan dan juga kegiatan para peserta.

Selain proses pelatihan, para peserta KFC DBL Camp 2023 juga akan diseleksi kembali. Nantinya, dari ratusan peserta akan disaring menjadi top 50 campers lalu diseleksi kembali menjadi top 24 campers.

Para Peserta KFC KFC DBL Camp 2023/Via: KFC DBL Festival

Hingga akan terpilih total 12 pemain putra dan putri terbaik yang disebut sebagai skuad elite KFC DBL Indonesia All-Star 2023. Selain pemain, pelatih dan asisten pelatih juga akan dipilih sebanyak 4 orang untuk mendampingi tim putra dan putri KFC DBL Indonesia All-Star 2023.

Ke-12 pemain dan 4 pelatih terbaik ini akan terbang ke Amerika Serikat pada bulan Juli mendatang. Dengan kesempatan ini, mereka akan belajar dan berlatih bersama dengan beberapa pelatih top NBA, serta bertanding pada turnamen kelompok usia pelajar SMA dan mahasiswa tingkat pertama di sana.

Para Selebriti Turut Menghadiri KFC DBL Festival 2023

Poster KFC DBL Festival 2023 / KFC DBL
Poster KFC DBL Festival 2023/Via: KFC DBL

Setelah melakukan pelatihan dan seleksi yang berlangsung di GOR Soemantri Brodjonegoro, para peserta yang akan masuk menjadi skuad KFC DBL Indonesia All-Star 2023 akan diumumkan dalam KFC DBL Festival di Grand Atrium Kota Kasablanka, Jakarta Selatan yang akan berlangsung pada 11 – 14 Mei.

KFC DBL Festival 2023 juga mengundang beberapa selebriti hingga tokoh basket ternama Indonesia. Seperti Kelly Purwanto, Jason Lie Santoso, Sintya Marisca, Andovi Da Lopez.

Selain itu, ada juga gelaran Superstar Almamater League yang akan mengundang 4 sekolah di Jakarta dengan para alumninya. Yakni SMAN 70 Jakarta yang diwakili oleh komika Raditya Dika, alumni SMAN 3 Jakarta yang diwakili oleh pebasket professional Daniel Wenas, alumni SMA Al-Izhar Jakarta oleh Ralvi Nasution, dan SMA Cita Buana Jakarta yang diwakili oleh pembalap Sean Galael.

Selain dari rangkaian acara, kegiatan KFC DBL Festibal 2023 akan ditutup dengan penampilan dari MIYU dan Marion Jola pada hari Minggu, 14 Mei 2023.

Seru banget ya gengs, rangkaian acara KFC DBL Festival tahun ini, apalagi kamu bisa melihat para peserta berlatih dan juga beberapa acara hiburan sampai kedatangan beberapa selebriti. Tertarik ikutan keseruannya, Oppal gengs?