Siap Kuliah? Cek Deretan Karier yang Sesuai dengan Jurusan Kuliahmu

One more step to get into adult life.

74
Karier Sesuai Jurusan Kuliah

Banyak mahasiswa mengambil jurusan kuliah tanpa betul-betul memahami seperti apa karier mereka ke depannya. Nah, buat kamu yang mau mulai kuliah, berikut ini beberapa deretan karier yang (betul-betul) sesuai dengan jurusan kuliahmu. Cek!

1. Jurusan Teknik Informatika

Karier Sesuai Jurusan Kuliah
Ilustrasi programmer/unsplash

Jurusan kuliah yang satu ini bisa dibilang punya prospek kerja yang bagus. Karena, di era digital dan kemajuan teknologi yang sangat pesat ini, kehadiran dan layanan lulusan IT sudah pasti sangat diminati di banyak perusahaan.

Setelah lulus, kamu bisa bekerja di perusahaan yang menyediakan layanan pemrogaman perangkat lunak atau pabrik atau perusahaan dagang yang mengandalkan aplikasi dan perangkat lunak untuk penggunaan internal.

Kebanyakan lulusan ini berkarier sebagai programmer atau developer.

2. Jurusan Ilmu Komunikasi

Karier Sesuai Jurusan Kuliah
Ilustrasi penulis/shutterstock

Lulusan ilmu komunikasi biasanya memiliki bekal dan kemampuan dalam menulis serta berbicara di depan umum. Skill mereka tentu berbeda dengan yang enggak menekuni ilmu komunikasi.

Peluang karier yang bisa diambil dari jurusan ini antara lain Public Relations (PR), Brand Ambassador, Marketing, Writer (Penulis), Jurnalis, Penyiar, Presenter, Juru Bicara, dan lain sebagainya.

3. Jurusan Desain Komunikasi Visual

Karier Sesuai Jurusan Kuliah
Ilustrasi desainer grafis/unsplash

Bagi kamu yang mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual, kamu bisa berkarier sebagai Graphic Designer atau animator di berbagai perusahaan, hingga desainer produk industri.

4. Jurusan Sastra Inggris

Karier Sesuai Jurusan Kuliah
Ilustrasi English tutor/shutterstock

Lulusan Sastra Inggris memiliki prospek yang cukup bagus. Apalagi, industri pariwisata kini juga sangat diperhatikan oleh pemerintah.

Bagi kamu yang mengambil jurusan ini, kamu bisa berkarier sebagai translator atau penerjemah, tenaga pendidik, atau tutor bahasa Inggris. Bahkan, lulusan Sastra Inggris juga punya peluang di dalam dunia bisnis, salah satunya di bidang ekspor dan impor.

Di samping itu, jurusan ini juga bisa mengantarkanmu bekerja di kedutaan luar negeri.

5. Jurusan Ekonomi

Karier Sesuai Jurusan Kuliah
Ilustrasi

Sebagian besar mahasiswa dari berbagai daerah minat dengan jurusan ekonomi. Sebab, seperti yang kita ketahui bahwa semua sektor bisnis dan usaha bakal berkaitan dengan ekonomi. Jurusan ini bakal mengajarkan skill-skill utama yang dibutuhkan di dunia kerja.

Selain mengurus keuangan, lulusan ekonomi berkesempatan untuk bekerja di berbagai bidang, seperti pemasaran, operasional, hingga bagian sumber daya manusia.

6. Psikologi

Karier Sesuai Jurusan Kuliah
Ilustrasi HRD/pexels.com

Lulusan Psikologi juga banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Kamu bisa menjadi bagian dari divisi HRD (Human Resource Department). Selain itu, seorang psikolog juga bisa menjadi terapis atau konselor yang bekerja secara mandiri.

Itulah beberapa jurusan beserta profesi di bidangnya yang bisa kamu pertimbangkan dalam berkarier di dunia kerja. Semangat terus dalam mengejar cita-cita kalian, gengs!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!