Siapkan Generasi Siap Kerja, President University Gelar Festival Karier “Communication Stride”

Acara ini memberi tips untuk membuat CV yang baik dan interview yang lancar.

59

Dalam rangka menyiapkan lulusan mahasiswa dan mahasiswi yang berkualitas dan terbaik untuk melangkah ke dunia kerja, President University tahun ini kembali mengadakan acara tahunan, yakni “Communication Stride” yang diselenggarakan oleh mahasiswa Public Relations President University pada hari Minggu (14/5) lalu.

Untuk CommStride tahun ini, mereka mengangkat tema Generasi Energik, Sehat Pikiran & Raga, dan Siap Kerja! (GenerasiEKSPRESI). Tema ini juga sejalan dengan Sustainable Development Goals kedelapan yakni “Decent Work & Economic Growth”.

Communication Stride President University/Via: President University

CommStride 2023 menyasar kalangan siswa sekolah menengah atas (SMA), terutama mahasiswa, dan masyarakat umum yang sedang mempersiapkan diri untuk melangkah ke dunia kerja.

Acara ini bertujuan untuk mempersiapkan para mahasiswa agar bisa bersaing dalam dunia kerja dengan baik dan sebagai langkah awal dalam menata kariernya di masa depan.

Apalagi pada saat ini, dimana perkembangan teknologi yang semakin maju seperti Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan juga dimanfaatkan dalam beberapa bidang pekerjaan.

Acara Seminar BERKREASI/Via: President University

Untuk itu, dalam rangkaian acaranya, mereka juga menyelenggarakan kegiatan festival karier dengan mengusung tema “Berpikir Kreatif di Era Resesi” (BERKREASI) dan mengundang perwakilan dari Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) sebagai tamu undangan seminar.

Seminar tersebut juga menghadirkan beberapa pembicara yang sudah profesional dalam bidangnya masing-masing. Seperti Emmanuela Reika yang berprofesi sebagai Partnership External Relations Manager di NusaTalent. Ia memberikan tips untuk membuat CV yang baik dan benar untuk melamar sebuah pekerjaan.

Lalu, HR Specialist di Fintech Industri sekaligus seorang influencer yang aktif memberikan tips perekrutan kerja di Twitter, Eza Hazami yang juga mengadakan workshop interview class.

Sebagai bentuk dukungan kepada mahasiswa-mahasiswi yang mengikuti workshopnya, Eza juga memberikan beberapa motivasi untuk enggak pesimis melamar pekerjaan apabila kamu bukan dari universitas negeri atau unggulan.

“Kalian jangan pernah pesimis soal kalian berasal dari universitas unggulan ataupun bukan, itu tidak menjadi parameter utama bagi HRD dalam menerima kandidat. Aku sendiri pun juga tidak berasal dari universitas unggulan,” ucap Eza dalam kesempatannya.

Selain itu, festival karir ini juga dilanjutkan dengan Seminar Personal Branding di LinkedIn yang menampilkan Assistant Professor of Communication, Mohammad Shihab, S.I.KOM., M.I.KOM.

Seminar Personal Branding/Via: President University

Menurutnya, membangun profile yang menarik dan personal branding di media promosi dalam dunia karir, seperti LinkedIn merupakan hal yang penting untuk memberikan gambaran kepada recruiter soal diri sendiri.

“Membangun personal branding harus bisa mengangkat value yang kamu punya, untuk membedakan kita dengan individu lainnya,” tambahnya.

Well, acara “Communication Stride” yang diadakan oleh President University ini keren banget dan patut kita apresiasi gengs! Karena, penting banget untuk membuat para mahasiswa dan mahasiswi yang akan lulus ini lebih siap agar dapat memulai karirnya sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Semoga acara ini juga bisa dilakukan oleh semua universitas di Indonesia ya!