Sisi Kehidupan Messi yang Menginspirasi dan Patut Dicontoh Banyak Orang

Proses memang tidak mengkhianati hasil ya!

243
Messi

Siapa yang nggak kenal Lionel Messi? Pemain dan kapten tim sepakbola Argentina yang berhasil meraih gelar juara Piala Dunia 2022 di Qatar, kini menyandang status sebagai GOAT alias Greatest Of All Time.

Memang nggak bisa dipungkiri, skill dan kekuatan Messi di atas lapangan hijau membuat para pencinta bola tercengang ketika melihatnya. Seperti nggak percaya, bahkan nggak masuk akal.

Tetapi, satu hal yang perlu kita semua tahu bahwa semua prestasi yang telah diraih Messi nggak gampang, dan tentu ada proses yang panjang. Untuk mencapai di level tertinggi, Messi harus melewati banyak rintangan.

Pemain yang dijuluki La Pulga ini memulai kariernya dari titik terendah, di mana ketika ia disebut kekurangan hormon pertumbuhan, yang membuat tubuhnya nggak bisa tumbuh tinggi seperti anak-anak seusianya dulu.

Bahkan, Messi sempat dilarang bermain sepak bola oleh pelatihnya, karena badannya yang terlalu kecil. Menurut sang pelatih, bakat saja nggak cukup.

Namun, Messi punya keteguhan tekad dan pantang menyerah. Perjalanan kariernya pun menginspirasi banyak orang karena bisa menjadi pelajaran untuk kehidupan. Melansir Sportskeeda, berikut kisah perjalanan hidup Messi yang bisa kita petik.

1. Ketahanan mental

Transformasi Lionel Messi
Transformasi Lionel Messi/@alimo_philip

Selama bertahun-tahun, Messi telah mendapat perlawanan dari para bek tangguh dan posturnya yang lebih besar darinya. Bahkan, Messi juga banyak dicemooh karena memiliki perawakan yang pendek.

Hal tersebut tentu menjadi rintangan, tapi nggak pernah menjadi kendala buat Messi untuk berhenti menjadi pemain terhebat. Messi membuktikan bahwa ia merupakan pemain bermental juara.

“Saya memiliki banyak tahun untuk menjadi lebih baik dan lebih baik, itu harus menjadi ambisi saya. Saat anda berpikir tidak ada perbaikan yang harus dilakukan adalah hal yang menyedihkan bagi pemain mana pun,” kata Messi.

Penampilan fisik Messi yang mungil tentu bukan menjadi penghalang dirinya untuk mencapai tujuan. Secara mental, Messi lebih kuat dari apa yang bisa kita bayangkan.

2. Belajar menerima kegagalan

Messi
Messi saat masih berkostum Barcelona/everythingbarca.com

Masih ingatkah kalian ketika Messi kalah dari Chelsea di Liga Champions 2012? Messi memang punya kesempatan untuk mengubah permainan, tapi nyatanya dia nggak berhasil untuk membalikkan keadaan.

Begitu juga dengan hidup. Kegagalan adalah batu loncata menuju kesuksesan. Seseorang nggak akan pernah bisa menikmati kesuksesan kalau ia belum pernah gagal.

“Terkadang Anda harus menerima saat Anda tidak bisa menang sepanjang waktu,” ujar Messi.

3. Loyalitas

Messi
Selebrasi Messi di hadapan suporter Real Madrid/theguardian.com

Banyak penggemar bola di seluruh penjuru dunia yang menunggu Messi berkarier di klub lain. Tapi, Messi memutuskan untuk tetap setia kepada Barcelona, dan itu banyak mendapat apresiasi.

Loyalitas di era sepak bola modern itu ibarat barang yang langka. Meskipun pada akhirnya ia memutuskan untuk berpisah bersama Blaugrana.

Rumor kepindahannya dari Barcelona datang bukan cuma sekali atau dua kali saja. Messi juga pernah menolak tawaran yang menggiurkan dari sejumlah klub yang bergelimang uang.

“Barcelona adalah hidupku. Mereka membawa saya ke tempat saya sekarang. Saya nggak bisa pergi, saya nggak ingin pergi. Saya tahu Liga Inggris sangat bagus. Tapi saya nggak bisa melihat diri saya bermain di Inggris karena hati saya selalu bersama Barcelona,” ungkap Messi.

Well, Messi telah membuktikan kalau dirinya nggak melupakan orang-orang yang sudah membantunya mencapai hal indah seperti saat ini. Kesetiaan Messi juga menjadi salah satu faktor vital yang membantunya meraih keunggulan dengan pesaing utamanya, Cristiano Ronaldo.

4. Kerendahan hati

Messi
Messi dikenal murah senyum dan rendah hati/chelseafc.com

Selain skilful, Messi juga dikenal sebagai pesepak bola yang rendah hati. Hal itu terbukti karena ia mampu bertahan meski berhasil mencapai jumlah ketenaran dan uang berlipat.

“Menjadi sosok terkenal memberi saya kesempatan untuk membantu orang yang sangat membutuhkannya, terutama anak-anak,” ujar Messi.

Kutipan di atas menunjukkan sisi kemurahan hati Messi terhadap orang yang membutuhkan. Orang-orang hebat selalu bertanggung jawab atas orang lain. Mereka paham bahwa tujuan yang lebih besar adalah memberi dan menyembuhkan.

Penghargaan tertinggi bukanlah uang, tapi pengakuan dunia. Kehebatan sebagai pemain diakui rekan setim dan juga lawan. Tapi, Messi nggak show off atau angkuh sebagai pesepak bola terbaik di dunia.

5. Berjuang dalam mewujudkan mimpi

Messi
Messi berhasil meraih gelar juara Piala Dunia 2022 bersama Argentina/japantimes.com

Messi pernah bilang, “Anda harus berjuang untuk mencapai impian Anda. Anda harus berkorban dan bekerja keras untuk itu.”

Yup, kerja keras merupakan pondasi utama kesuksesan. Of course, Messi punya bakat sejak lahir dan alami. Tapi, itu saja belum cukup. Kerja keras sama pentingnya kalau kamu ingin mencapai level tertinggi atau puncak.

Nggak heran, Messi begitu tenang ketika memainkan bola dan ada kegembiraan saat disaksikan pencinta sepak bola. Semuanya terjadi berkat kerja keras dan pengorbanan untuk menjadi yang terbaik.

Kita bisa mencoba meng-copy paste dan menyerap kualitas ini dalam kehidupan sehari-hari. memberikan 100 persen itu penting banget kalau kamu ingin mencapai sesuatu dalam kehidupan.

Nah, itu dia sisi lain di balik kehebatan Messi sebagai pemain terbaik dunia. Kita tahu bahwa nggak mudah untuk mendapatkan prestasi dan mencapai level tertinggi. Butuh proses dan perjuangan di dalamnya.

Semoga sisi lain kehidupan Messi di atas bisa membawa dampak positif bagi kita semua, ya!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!