Sosok Swietenia Puspa Lestari, Aktivis Milenial yang Pernah Presentasi di Hadapan Obama

Indonesia punya pemerhati lingkungan bernama Swietenia Puspa Lestari. Tenia aktif menggaungkan gerakan penjagaan laut dari ancaman sampah.

248
0

Indonesia punya sosok pemerhati lingkungan yang berhasil curi perhatian bernama Swietenia Puspa Lestari. Perempuan yang akrab disapa Tenia ini aktif menggaungkan gerakan penjagaan laut dari ancaman sampah.

Swietenia memiliki kekhawatiran terhadap sampah di pulau-pulau yang ia kunjungi saat ingin menyelam. Lantas hal ini membuatnya mendirikan organisasi non-profit yang bergerak dalam bidang pembersihan sampah di laut, Diving Clean Action (DCA).

Tenia mendirikan DCA bersama kedua temannya, Nesha Ichida dan Adi Septiono. Lewat organisasi ini, Tenia punya satu impian, yaitu membuat laut menjadi lebih bersih dan nyaman, mengingat Indonesia kaya akan keindahan alam baharinya.

“DCA adalah sebuah platform organisasi yang kebetulan mengumpulkan para antusias wisata bahari dan juga konservasi laut,” kata Tenia.

Tapi, enggak mudah untuk Tenia mewujudkan impiannya tersebut, karena ternyata banyak yang menganggap remeh ajakannya itu. Meski begitu, Tenia punya semangat yang tinggi dan niat yang tulus untuk melestarikan lingkungan dan memberdayakan warga pulau.

DCA yang terbentuk pada November 2015 ini punya banyak program di dalamnya, antara lain research & clean up, workshop & campaign, community development, dan CSR/EPR collaborator.

Tenia juga pernah membuat undangan untuk komunitas wartawan yang punya hobi menyelam untuk ikut aksi Hari Peduli Sampah Nasional 2016. Sejak itulah berita tentang sampah plastik semakin terdengar di media massa.

Tenia yang tumbuh besar dengan kegiatan menyelam, membuatnya punya kepedulian yang besar terhadap pelestarian lingkungan, khususnya laut. Namun, Tenia mulai sadar, kalau ia sering menemukan sampah setiap melakukan penyelaman di beberapa pulau di Indonesia, mulai dari sampah botol plastik kemasan, styrofoam, hingga sampah sebesar kasur.

Bahkan, banyak juga karang yang ternoda oleh sampah-sampah tersebut, sehingga muncul rasa khawatir dalam dirinya.

Tenia yang mengenyam pendidikan teknik lingkungan di Institut Teknik Bandung ini telah mengorbankan waktu, tenaga, dan juga pikiran untuk masalah lingkungan ini. Namun, berkat kerja kerasnya, ia menjadi salah satu aktivis yang cukup berpengaruh di dunia, mengingat ia pernah berkesempatan untuk menceritakan visinya mengenai lingkungan di hadapan Presiden AS ke-44, Barack Obama.

Perempuan asal Bogor, Jawa Barat, kelahiran tahun 1993 ini juga pernah mendapat penghargaan dan apresiasi dari berbagai pihak. Tenia pernah masuk dalam daftar 30 Under 30 Asia Social Entrepreneurs List.

Hal ini juga membuatnya masuk dalam program Obama Foundation Leaders tingkat Asia-Pasifik, sebagai peserta termuda. Nggak cuma itu, Tenia juga pernah bertemu secara langsung dan mempresentasikan program lingkungan di hadapan Barack Obama.

Nama Tenia juga pernah dinobatkan sebagai salah satu sosok yang menginspirasi dalam daftar 100 Most Inspiring Women BBC.

“BBC adalah media luar pertama yang melegitimasi kegiatan kita. Mereka bilang, saya masuk list ‘100 Inspiring and Influential Women’,” ungkap Tenia.

Sebagai perempuan yang bekerja di lapangan, Tenia juga sering mendapat candaan gombal dan komentar soal fisik. Namun, ia menganggap itu sebagai angin lalu, meski menurutnya itu juga bukan hal sepele untuk para perempuan.

Dirinya enggak pernah merasa minder karena gaya berpakaiannya yang enggak terlalu feminin,, dan juga hobinya yang sedikit berbeda dari teman-teman perempuannya.

Rasa percaya yang dimiliki Tenia ini merupakan bagian dari didikan orang tuanya. Di luar itu, ia juga senang bekerja di lapangan, sehingga membuat ia merasa terbiasa bergaul dengan teman-teman pria.

Selain itu, Tenia juga punya sosok yang menginspirasinya dalam perjalanan hidupnya. Mereka adalah sang bunda, Najwa Shihab, Michelle Obama, Amal Clooney, hingga Jacinda Ardern.

Tenia juga punya pesan untuk para perempuan milenial yang sedang mengejar mimpi sepertinya. Dengan tegas ia mengatakan, kalau seseorang sudah tahu maunya apa, merasa bertanggung jawab, dan bisa memenuhinya, maka lakukanlah. Jangan memikirkan mereka yang suka judging, berasumsi seenaknya, apalagi sampai membatasi kegiatannya.

Two thumbs up untuk Tenia! Semoga impiannya untuk membuat laut Indonesia menjadi lebih indah dan asri dapat terwujud dengan dukungan dari masyarakat.

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post