“Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”, Ini Rangkaian Kegiatan HUT ke-78 RI di Bulan Agustus

Bisa nonton langsung di Istana loh!

131
Kegiatan HUT ke-78 RI

Di bulan Agustus 2023 ini, pemerintah bakal menggelar serangkaian kegiatan untuk menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Nah, kira-kira ada kegiatan apa saja dalam menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI di bulan Agustus ini, ya? Berikut informasi selengkapnya, ya.

Tema kegiatan peringatan HUT ke-78

Bendera Indonesia
Bendera Indonesia/Unsplash

Melansir situs Sekretariat Kabinet (Setkab) RI, tema rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-78 RI kali adalah “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

“Tema ini merefleksikan semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan pembangunan, berkolaborasi bersama memanfaatkan momentum untuk mewujudkan Indonesia maju,” ucap Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Sesmensetneg) Setya Utama.

Bukan cuma di Kompleks Istana Kepresidenan saja, rangkaian acara ini juga berlangsung di sejumlah tempat lainnya.

Sesmensetneg mengatakan, rangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke-78 ini bakal diawali dengan dzikir dan doa kebangsaan.

“Seperti sebagaimana biasa, agenda bulan kemerdekaan di Istana akan diawali dengan dzikir dan doa kebangsaan pada tanggal 1 Agustus,” kata Setya.

Sementara, puncaknya pada tanggal 17 Agustus 2023 bakal digelar Apel Kebangsaan dan Renungan Suci yang kemudian dilanjutkan dengan acara inti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di pagi hari dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di sore hari.

Rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-78 RI tahun 2023 antara lain:

  • Selasa, 1 Agustus 2023: Dzikir dan doa kebangsaan di depan Istana Merdeka.
  • Sabtu, 5 Agustus 2023: Pemecahan Rekor Dunia atau Guiness World of Records (GWR) Angklung Tahun 2023 oleh 15 ribu pemain angklung.
  • Minggu, 6 Agustus 2023: Peragaan Busana Kebaya “Istana Berkebaya” di area luar Istana Merdeka.
  • Senin, 14 Agustus 2023: Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan.
  • Selasa, 15 Agustus 2023: Upacara Pengukuran Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).
  • Rabu, 16 Agustus 2023: Pidato Kenegaraan dan Pidato Penyampaian Rancangan Undang-Undang (RUU) Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun 2024, di Gedung MPR/DPR/DPD RI.
  • Kamis, 17 Agustus 2023: Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata, yang dilanjutkan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di pagi hari dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di sore hari. Kemudian ada pertunjukan video mapping “Gemilang Silang Monas” di Monumen Nasional (Monas).

Upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI

Kegiatan HUT ke-78 RI
Istana Negara/shutterstock

Sesmensetneg Setya Utama menyampaikan, pihaknya akan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mengikuti upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Istana Negara secara langsung.

“Masyarakat diharapkan dapat hadir untuk mengikuti upacara tersebut secara luring dan dipersilakan untuk mendaftarkan diri melalui sistem aplikasi Pandang Istana.”

Sebelumnya, Istana Kepresidenan mengundang masyarakat untuk ikut serta dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan tahun 2023 di Istana Negara, Jakarta Pusat. Istana mengundang masyarakat untuk hadir pada upacara 17 Agustus secara fisik di Istana Negara.

Anyway, buat kalian yang ingin ikut serta, pendaftaran upacara peringatan HUT ke-78 RI di Istana Negara bisa melalui situs www.pandang.istanapresiden.go.id. Pendaftarannya juga akan dibuka dalam waktu dekat.

Seru juga kayaknya bisa hadir dan menyaksikan langsung upacara peringatan HUT ke-78 RI di Istana Negara. Buat kamu yang tertarik, jangan lupa daftar, ya, gengs!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Related Post