Tips Mudik Naik Kendaraan Umum, Jangan Lupa Bawa Obat Pribadi ya

Ketika mudik dengan angkutan umum, kamu tidak tahu akan mengalami apa, jadi mending buat jaga-jaga ya gaess.

160
Mudik

Naik kendaraan umum menjadi salah satu pilihan mudik terbaik bagi sebagian orang. Ada beberapa alasan pemudik memilih untuk tidak menggunakan kendaraan pribadinya. Salah satunya adalah kelebihan mudik menggunakan angkutan umum tidak perlu repot untuk memikirkan bensin, rasa kantuk yang mengganggu, dan lain sebagainya.

Mudik dengan kendaraan umum juga berarti kamu tidak hanya pergi bersama keluarga saja, melainkan bersama dengan orang lain yang tidak dikenal dan ini mengharuskan kamu lebih waspada dalam menjaga diri dan barang bawaan kamu.

via GIPHY

Oleh karenanya, ada beberapa tips mudik dengan kendaraan umum yang bisa kamu ikuti dilihat dari berbagai macam sumber. Apa saja ya? Let’s check this gaes.

Perhatikan Jadwal Keberangkatan

Ilustrasi bus yang akan berangkat mudik/Unsplash

Kalau kamu berencana mudik pakai kendaraan umum, tips pertama yang perlu kamu perhatikan adalah jadwal keberangkatan yang tepat. Usahakan jangan berangkat mepet dengan waktu Hari Raya atau Lebaran.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi gangguan selama perjalanan, seperti macet panjang oleh bus-bus yang juga ingin berangkat ke tujuan sama dengan kamu. Untuk melihat waktu terbaik, kamu bisa klik link ini.

Bawa Barang Seperlunya

Foto persiapan mudik/Shutterstock

Jangan membawa barang terlalu banyak kalau kamu mau mudik pakai kendaraan umum ya. Ini supaya meminimalisir barang bawaan yang berlebihan. Mudik dengan kendaraan umum membuat kamu kesulitan untuk menyimpan barang-barang dan saat membawanya akan terasa lebih berat.

Kamu juga tidak disarankan untuk membawa barang berharga saat mudik menggunakan kendaraan umum, seperti aksesoris mahal, perhiasan yang berlebihan, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan untuk menghindari tindak kejahatan yang mungkin saja bisa terjadi.

Bawa Uang Tunai Secukupnya Saja

Foto uang tunai/Unsplash

Uang tunai memang menjadi salah satu keperluan utama ketika kamu akan mudik menggunakan kendaraan umum. Tapi jangan bawa uang tunai terlalu banyak ya Gengs. Kamu juga bisa meletakkan uang tunai ini di berbagai macam tempat, jadi kalo amit-amit ada uang yang hilang masih  bisa menggunakan uang yang lain.

Bawa Obat Pribadi

Ilustrasi foto obat-obatan/Shutterstock

Masalah kesehatan sering kali menjadi masalah baru ketika kamu sedang mudik, ditambah lagi pada saat Bulan Ramadan. Nah, tips berikutnya adalah jangan lupa membawa obat-obatan pribadi yang kamu miliki untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Masukkan semuanya ke dalam tas pada H-1 keberangkatan agar tidak ada yang tertinggal. Sesuaikan dengan jarak dan waktu tempuh kamu ke kampung halaman ya Gengs.

Bawa Bekal yang Cukup

Ilustrasi foto keluarga yang akan mudik menggunakan kendaraan umum/Shutterstock

Membawa bekal yang cukup saat mudik menjadi tips lain ketika kamu akan menggunakan kendaraan umum. Kemungkinan besar juga kamu akan sahur dan buka puasa di jalan. Jadi, membawa bekal secukupnya diperlukan untuk hal-hal seperti ini.

Baca juga: “Selain Kondisi Mobil, Ini Hal Lain yang Jangan Sampe Kelupaan Dicek Sebelum Mudik

Perbekalan sederhana seperti air mineral, kue kering, dan roti menjadi makanan sederhana yang bisa kamu bawa untuk mengganjal perut. Apalagi kalau kamu naik bus, kamu tidak akan tahu kapan waktu macet dan lain sebagainya.

Jadi, jangan lupa untuk siapkan bekel kamu ya Gengs. Selamat mudik semua! Semoga sehat selalu dan bisa bertemu keluarga di kampung halaman ya.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.