Today in History: Sidang Pertama BPUPKI

Hari ini juga merupakan Hari Aligator Sedunia.

91
Today in History

Ada berbagai peristiwa menarik yang setidaknya bisa menjadi kenangan kita pada tanggal 29 Mei. Tepat pada tanggal ini, Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) menyelenggarakan sidang pertama mereka.

Adapun, pembahasan ini fokus kepada dasar negara dan bentuk negara Republik Indonesia sebelum merdeka pada 17 Agustus 1945. 

Selain itu, pada hari ini juga menjadi peringatan Hari Aligator Sedunia. Hari ini diperingati setiap tanggal 29 Mei. Adanya hari ini juga untuk memberikan kesadaran kepada manusia akan pentingnya melestarikan spesies aligator di dunia.

Lantas, ada peristiwa menarik apa lagi yang terjadi pada hari ini tanggal 29 Mei? Semuanya ada di “Today in History”.

Sidang BPUPKI Jilid 1 Dilakukan

Foto saat Sidang BPUPKI yang pertama/Wikipedia

Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) melakukan sidang pertama pada 29 Mei 1945. Sidang ini berlangsung selama kurang lebih empat hari yang dimulai pada tanggal 29 Mei 1945 sampai dengan 1 Juni 1945.

Sementara untuk sidang yang kedua dimulai pada 10-17 Juli 1945. Hasil sidang BPUPKI yang pertama ini kemudian menyepakati dasar negara yang kelak digunakan, yaitu Pancasila.

Peristiwa sidang pertama BPUPKI ini juga menjadi suatu hal yang penting dalam sejarah berdirinya bangsa Indonesia. Tokoh yang mengusulkan dasar negara pada sidang BPUPKI yang pertama ini adalah M. Yamin, Prof. Dr. Mr. Soepomo, dan Ir. Soekarno.

Hari Aligator Nasional

Foto salah satu jenis alligator/Unsplash

Hari Aligator Nasional selalu diperingati setiap tanggal 29 Mei tiap tahunnya. Adanya hari ini untuk memperingati kesadaran tentang pentingnya melestarikan aligator di dunia. Pasalnya, aligator sering ditangkap secara liar untuk kemudian digunakan kulitnya.

Aligator merupakan hewan liar yang dikenal buas. Namun, keberlangsungan hidupnya sangat penting. Meskipun ada banyak spesies aligator, saat ini hanya dua yang belum punah.

Satu-satunya spesies aligator yang tersisa adalah aligator Amerika dan Cina, yang juga merupakan spesies aligator tertua di dunia.

Manchester United Cetak Rekor di Liga Champions

Foto pemain Manchester United di Final Liga Champions 1968/setanmerah.net

Pada tanggal 29 Mei 1968, Manchester Unite berhasil menjadi tim dari Inggris yang pertama kali jadi juara Eropa setelah menang di Final Liga Champions Eropa 1968 dengan skor 4-1 atas Benfica.

Baca juga: “Today in History: Operator Telekomunikasi Telkomsel Berdiri

Langkah MU untuk mendapatkan gelar ini juga tak mudah, mereka harus kehilangan striker-nya jelang partai puncak, Denis Law, yang dirawat di rumah sakit akibat cedera. Namun, hal ini bisa dilewati oleh Bobby Charlton cs dan memenangkan pertandingan Final Liga Champions 1968.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.