Today in History: Tragedi Trisakti yang Jadi Tonggak Reformasi di Indonesia

FYI untuk menengok sejarah hari ini.

78
Today in History

Ada berbagai peringatan hari bersejarah yang diperingati setiap tanggal 12 Mei. Tepat pada hari ini merupakan peringatan tragedi di Kampus Trisakti yang menjadikan tonggak sejarah baru untuk reformasi di Indonesia.

via GIPHY

Selain itu, hari ini juga merupakan Hari Perawat Internasional yang dirayakan di dunia. Hari ini juga memiliki makna yang sangat penting untuk seluruh profesi perawat yang ada di seluruh dunia.

Lantas, ada peristiwa bersejarah apa lagi yang terjadi pada hari ini tanggal 12 Mei? Semuanya ada di “Today in History”.

Mengenang Tragedi Trisakti 12 Mei 1998

Foto ilustrasi Tragedi Trisakti/Shutterstock

Pada tanggal 12 Mei 1998 sebuah demonstrasi besar-besaran untuk menentang pemerintahan terjadi pada saat itu yang kemudian dikenal sebagai Tragedi Trisakti. Mengapa demikian? Karena ada empat orang mahasiswa Trisakti yang gugur dalam kejadian ini.

Oleh karena peristiwa itu, perlawanan mahasiswa dalam menuntut reformasi kemudian semakin besar dan melengserkan pemerintah yang berkuasa saat itu. Sebenarnya, Tragedi Trisakti ini sudah dilakukan oleh para mahasiswa yang menuntut reformasi sejak awal tahun 1998.

Para aktivis menilai bahwa pemerintahan pada waktu itu melakukan banyak tindakan yang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh masyarakat Indonesia, seperti korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Oleh karenanya, muncullah gerakan ini.

Hari Perawat Internasional

Foto perawat/Unsplash

Setiap tanggal 12 Mei diperingati sebagai Hari Perawat Internasional. Profesi perawat baru ada pada abad ke-16.

Sebelumnya, profesi ini hanya dijalankan oleh bidan untuk merawat ibu yang baru melahirkan. Namun, seiring berjalannya waktu perawat dikenal bisa merawat berbagai macam pasien.

Florence Nightingale adalah orang pertama yang mengenalkan prosedur keperawatan kontemporer. Wanita berkebangsaan Italia ini merupakan seorang perawat di masa Perang Krimea.

Selamat Hari Perawat Internasional untuk seluruh perawat di dunia.

via GIPHY

Hari Taman Umum Nasional

Foto Taman Umum/Unsplash

Siapa yang suka nongkrong di taman? Nah pas banget nih, ternyata hari ini adalah Hari Taman Umum Nasional. Meski perayaan ini ada dan besar di Amerika Serikat, namun perayaan tersebut juga sudah tersebar di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, terutama di Jakarta, saat ini sudah banyak taman yang bisa dimanfaatkan oleh orang banyak untuk dijadikan tempat “healing”. Sebut saja Taman Menteng, Taman Suropati, dan Taman Ismail Marzuki, taman di RPTRA dan lain sebagainya.

Baca juga: “Today in History: Hari Kelahiran Ismail Marzuki“`

Banyak hal yang bisa kamu lakukan di taman untuk sekadar berbincang bersama teman dan melakukan aktivitas lain.

Selamat Hari Taman Umum Nasional Oppal Gengs!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Related Post