Today in History: Wikipedia Indonesia dan VCD Lahir Hari Ini

Siapa yang masih ingat VCD?

48
Today in History

Ada berbagai peringatan hari penting yang diperingati setiap tanggal 30 Mei. Tepat pada hari ini 20 tahun lalu, Wikipedia dalam Bahasa Indonesia hadir di dalam negeri, tepatnya di tanggal 30 Mei 2003.

Selain itu, hari ini juga ada perayaan Hari Sepeda Listrik Nasional di Amerika Serikat. Tapi, perayaan ini kemudian menjadi sebuah perayaan yang meluas hingga ke berbagai negara-negara yang ada di dunia.

Lantas, ada peristiwa apa lagi yang terjadi pada hari ini tanggal 30 Mei? Semuanya ada di “Today in History”.

Hadirnya Wikipedia Bahasa Indonesia di Dalam Negeri

Tampilan halaman depan Wikipedia Bahasa Indonesia di HUT ke-20/tangkapan layar

Tanggal 30 Mei 2003 merupakan kali pertama Wikipedia Bahasa Indonesia hadir di Indonesia untuk memberikan artikel-artikel dengan berbagai macam topik. Melansir website resminya, sejak 20 tahun silam, Wikipedia sudah memberikan 640.000 artikel dengan banyak topik dan bisa diakses secara terbuka untuk publik.

Wikipedia memang kerap kali menjadi salah satu referensi masyarakat Indonesia untuk mendapatkan informasi. Karena, menurut orang banyak informasi yang diberikan oleh Wikipedia cukup beragam dan informatif.

Selamat ulang tahun ke-20 Wikipedia Bahasa Indonesia!

Hari Sepeda Listrik Nasional

Ilustrasi foto Sepeda Listrik/Unsplash

Hari Sepeda Listrik Nasional selalu dirayakan di Amerika Serikat pada 30 Mei setiap tahunnya. Tapi, perayaan ini kemudian menyebar ke banyak negara karena dinilai menjadi sebuah perayaan yang cukup unik.

Meskipun saat ini sepeda listrik sudah menjadi tren, namun sebenarnya sepeda listrik sudah ada sejak tahun 1895. Odgen Bolton Jr adalah orang yang menemukan sepeda listrik bertenaga baterai dengan motor hub yang dipasang di dekat roda belakang.

Meski sepeda listrik pada jaman itu menjadi kendaraan yang berinovasi dan praktis, namun sepeda listrik tetap tidak menghilangkan esensi olahraga kaki karena tetap bisa dikayuh.

Video CD Pertama Kali Diluncurkan

Ilustrasi foto tumpukan CD/Unsplash

Pada 30 Mei 1987, video CD pertama kali diluncurkan oleh perusahaan Philips Research. Perjalanan CD menjadi sesuatu yang bisa dinikmati bukan tanpa tantangan. Pada tahun 1972, Klass Compaan dan Piet Kramer berhasil menampilkan model video disc berwarna pertama.

Namun, pada saat itu belum dipublikasikan secara luas karena masih banyak bug yang dijumpai. Dalam waktu yang hampir bersamaan, Philips kemudian meluncurkan audio CD pertama ke pasaran, namun mengalami masalah pada saat penerjemaan data.

Baca juga: “Today in History: Sidang Pertama BPUPKI

Sampai pada akhirnya menjelang tanggal peluncuran di 30 Mei 1987, baru lah CD mendapatkan kesempurnaan untuk bisa dipublikasikan kepada publik.  

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.