Uh-oh, Polusi Udara Jakarta Masih Buruk, Ini Tips Biar Kamu Tetap Sehat

Keep healthy gaes!

79
Ilustrasi polusi di Kota Jakarta

Kualitas udara di Jakarta belakangan ini sedang tidak baik-baik saja, dan hal ini bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Menurut data dari IQAir pada tanggal 30 Mei 2023, indeks kualitas udara Jakarta mencapai 157, yang artinya angka ini sudah termasuk dalam kategori nggak sehat.

Maka dari itu, kita harus menjaga daya tahan tubuh kita supaya bisa tetap sehat dan terhindar dari buruknya dampak polusi kota. Berikut tips untuk tetap hidup sehat di tengah polusi kota.

Ilustrasi pakai masker berpolusi
Ilustrasi pakai masker berpolusi/Shutterstock

1. Memakai masker

Masker sudah seperti menjadi senjata andalan untuk menghadapi buruknya polusi udara. Meskipun penggunaan masker sudah enggak diwajibkan, tapi dengan kondisi seperti ini, kamu mungkin perlu menimbang untuk menerapkan kembali kebiasaan memakai masker.

Selain bisa melindungi dari paparan polusi, masker juga mencegah supaya kamu enggak kena penyakit yang bisa ditularkan lewat udara.

Ilustrasi air purifier
Ilustrasi air purifier/Shutterstock

2. Gunakan air purifier

Saat kamu mengalami kondisi tidak bisa membuka jendela terlalu lama karena polusi udara, kamu harus mempertimbangkan untuk menggunakan air purifier. Ya, meskipun enggak bisa menghilangkan polutan sepenuhnya, at least alat ini bisa meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan dengan menyaring bakteri serta polusi.

Ilustrasi bakar sampah
Ilustrasi bakar sampah/Shutterstock

3. Hindari asap rokok dan membakar sampah

Udara luar kini semakin buruk dengan adanya polusi akibat aktivitas pabrik, PLTU, dan asap kendaraan. Nah, supaya kamu terhindar dari udara yang buruk, kamu mungkin perlu mengurangi konsumsi rokok.

Jangan lupa juga, ingatkan keluarga atau tetangga untuk mengolah sampah dengan alih-alih membakarnya di halaman rumah. Cara ini bisa meminimalkan dirimu dan keluarga mendapat udara yang lebih buruk.

Transportasi Umum di Jakarta
Transportasi umum di Jakarta/shutterstock

4. Usahakan menggunakan transportasi umum

Selain mencegah diri dari paparan udara kotor, kamu juga bisa ikut berkontribusi untuk mengurangi polusi udara. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih transportasi umum atau yang lebih ramah lingkungan.

Jika memang memungkinkan, coba gunakan transportasi seperti kereta atau bus. Upaya lainnya yang bisa kamu lakukan adalah enggak terlalu banyak membuang listrik. Cabut dan matikan alat elektronik yang enggak terpakai seperti lampu, charger ponsel, kipas, AC, dan televisi. Selain hemat biaya listrik, kamu bisa menekan emisi gas rumah kaca.

Ilustrasi makanan sehat / Shutterstock

5. Jaga kesehatan tubuh

Terakhir, kamu bisa menghindari polusi udara dengan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap dalam kondisi prima. Salah satu caranya adalah mengonsumsi makanan yang bernutrisi.

Selain itu, perbanyak juga makan buah dan sayuran. Keduanya kaya akan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Makanan yang mengandung vitamin C dan E juga baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat dan bisa membantu kamu untuk tetap sehat meski di tengah buruknya polusi udara. Stay health and stay safe, gengs!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!