Wahhh! Arab Saudi Mau Ubah Padang Pasir Jadi Resor Ski Bernama Trojena

Lokasi ini tidak hanya menjadi tempat wisata,tapi juga menjadi tempat tinggal dan bekerja loh.

306
0
Ilustrasi resor ski Trojena

Bukan Arab Saudi namanya jika tidak membuat terobosan yang out of the box. Terbaru, Arab Saudi yang identik dengan gurun pasir ini dikabarkan akan membuat resor dan megaproyek pusat olahraga musim dingin terbesar dengan nama Trojena.

Nilai pembangunan resor ski ini dikabarkan mencapai 400 Miliar Euro atau setara dengan Rp6 triliun. Pangeran Muhammed bin Salman bahkan yang menginisiasi megaproyek ini.

Proyek ini akan mengubah pegunungan batu cadas yang panas menjadi lereng salju buatan yang sangat besar dan megah.

Jika nanti proyek ini selesai, maka resor Trojena bisa disandingkan dengan tempat megah lainnya seperti Val d’Isere, Verbier, dan Zermatt, yang masuk ke dalam deretan resor ski dunia.

Tempat dari megaproyek Trojena ini merupakan bagian dari megacity futuristic Neom yang terletak di pegunungan Sararwat di ketinggian 2.600 meter. Tepatnya dibangun sejauh 48 kilometer di daerah pegunungan Sarawat, pantai timur Laut Merah yang suhunya 10 derajat lebih rendah dibanding tempat lain di Arab Saudi, cocok banget sih untuk ski dan bersalju pula.

Resor danau di Trojena
Resor danau di Trojena/Neom

Trojena akan diisi oleh fasilitas olahraga seperti olahraga air, kesehatan, hiking, dan jalur sepeda gunung. Rencananya Trojena akan dibuka pada 2026 dan menjadi bagian dari kota pintar sepanjang 177 kilometer yang disebut “NEOM”.

Trojena diproyeksikan sebagai tempat berlangsungnya Asian Winter Games 2029. Pihak otoritas setempat juga menyebutkan bahwa pembangunan kota pintar ini menelan biaya yang tidak sedikit.

Lokasi ini tidak hanya menjadi tempat wisata yang mempesona, namun juga menjadi tempat tinggal dan bekerja yang cukup magis. Lokasi ini akan dilengkapi danau air tawar buatan manusia dan cagar alam serta lereng ski luar ruangan.

Bahkan, ada berbagai macam fasilitas, mulai dari kesehatan hingga hunian vertikal layaknya film “Elysium”.

Bukan main ya, daerah gurun dijadiin resor ski. Jadi tidak sabar melihat Trojena dalam waktu dekat! Pasti keren banget ya, gengs.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *