Waspada Modus Penipuan dengan Voice Cloning, Ini Tips untuk Menghindarinya!

Sisi lain kecanggihan teknologi ini perlu kita waspadai gaes!

78

Seperti yang sudah Oppal gengs ketahui sebelumnya, bahwa teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence belakangan ini sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat.

Berkat kecanggihan dan keunggulannya, Artificial Intelligence saat ini juga banyak digunakan oleh manusia dalam memudahkan pekerjaan dan juga untuk kegiatan sehari-hari.

Beberapa contohnya yang pernah OPPAL angkat adalah Universitas Teknokrat Indonesia yang sudah menciptakan dosen menggunakan teknologi AI, serta video yang ramai di media sosial yakni Ariana Grande yang terdengar menyanyikan lagu Komang karya Raim Laode.

Ilustrasi Penipuan Melalui Telepon/Via: Shutterstock

Tapi dengan beberapa kemajuan teknologi tersebut, baru-baru ini muncul kasus penipuan melalui telepon di luar negeri yang menggunakan voice cloning atau fitur peniruan suara yang merupakan salah satu teknologi dari AI.

Suara tiruan tersebut menggunakan alat speech-to-text atau teks ke ucapan yang dihasilkan oleh AI yang memungkinkan orang untuk membuat tiruan suara yang bersumber dari beberapa detik rekaman audio awal.

Kasus penipuan ini juga sempat dibahas oleh seorang Digital Creator Indonesia yakni Alexander Marcel di akun Instagramnya pada hari Sabtu, 13 Mei lalu.

โ€œPenipu sekarang semakin canggih, ada modus penipuan baru menggunakan teknologi “Voice Cloning” AI yang memungkinkan penipu untuk pura pura jadi kita atau orang terdekat kita,โ€ tulis Marcel dalam caption di Instagramnya.

Dalam videonya, ia juga memberikan saran untuk menggunakan kata โ€œsafe wordโ€ bagi masyarakat untuk keluarga masing-masing. Jadi kata ini yang nantinya akan menjadi sebuah โ€œpasswordโ€ yang hanya kamu dengan keluarga yang tahu.

Tips Menghindari Penipuan Voice Cloning

Well, selain tips itu, ada beberapa hal juga yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari penipuan melalui telepon terutama yang menggunakan teknologi voice cloning ini, gengs, berikut pembahasannya!

Ilustrasi Penipuan Melalui Telepon/Via: Shutterstock

1. Waspada pada Nomor Baru yang Menghubungi

Nomor yang enggak kamu kenal atau nomor baru ini juga patut kamu waspadai. Jika pengguna nomor baru ini mengaku sebagai saudara atau teman, baiknya kamu juga melakukan cek kembali dengan beberapa saudara atau teman lainnya. Seperti, apakah orang tersebut mengganti nomornya dan beberapa hal lainnya.

2. Berhati-hati dengan Identitas Pribadi

Ilustrasi Penipuan Melalui Telepon/Via: Shutterstock

Tips selanjutnya, kamu juga perlu untuk berhati-hati dengan seluruh informasi identitas pribadi dan jangan memberikan beberapa informasi pribadi pada orang yang enggak kamu kenal.

Seperti nomor rekening, alamat rumah, tanggal lahir kamu, nomor telepon, nama panjang anggota keluarga (anak, Ibu, Ayah, adik dll), nama teman dekat, bahkan juga nama hewan peliharaan kamu.

Hal ini untuk menghindari jika penipu ingin menyamar seperti diri kamu di bank, ke teman-teman kamu, atau yang lainnya.

3. Jangan Panik

via GIPHY

Jika suatu hari kamu mendapatkan nomor telepon yang enggak dikenal dan ternyata suara yang kamu dengar adalah suara keluarga, orang tua, atau teman yang meminta bantuan. Maka jangan lupa untuk melakukan double check ya, gengs. Ulur waktu sebisa kamu agar kamu bisa melakukan cek ke kerabat kamu yang lainnya.

4. Gunakan Aplikasi Pendeteksi Nomor

Supaya lebih aman untuk mengetahui nomor yang belum kamu kenal, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pendeteksi nomor. Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa mengetahui siapa orang yang menelepon kamu dengan beberapa tag kontak yang sudah orang lain simpan terlebih dahulu dengan nomor tersebut. Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan, seperti TrueCaller atau Get Contact.

5. Penting untuk Mengetahui Perkembangan Teknologi

via GIPHY

Karena saat ini kita tinggal di era serba cepat, maka poin ini penting untuk kamu perhatikan, gengs. Kesadaran akan teknologi baru ini bakal membantu kamu tetap update dan melindungi kamu dari hal-hal yang enggak diinginkan seperti penipuan AI ini. Sebaiknya, kamu yang juga sudah mengetahui hal ini, segera menginformasikan kepada keluarga sehingga bisa menanamkan sifat waspada.

Dengan kemajuan teknologi yang serba cepat ini, jangan lupa untuk selalu berhati-hati ya, Oppal gengs. Jangan lupa juga untuk selalu memberikan informasi kepada keluarga kamu agar mereka juga mendapatkan informasi yang serupa dan waspada terhadap penipuan dari voice cloning ini, ya. Stay safe everyone!