Weekly News Wrap Up: Yes! Akhirnya Pemerintah RI Cabut Aturan Wajib Pakai Masker di Ruang Publik

Biar enggak ketinggalan informasi, yuk cek wrap up news pagi ini!

64
Ilustrasi lepas masker

Rise and shine, gengs! Apakah akhir pekanmu menyenangkan? Menyambut hari Senin, yuk kita lirik kembali beberapa informasi penting dan menarik selama seminggu kemarin dalam “Weekly News Wrap Up”. Keep scrolling!

Yes! Akhirnya Pemerintah RI Cabut Aturan Wajib Pakai Masker di Ruang Publik

Fenomena Maskergenic
Ilustrasi orang memakai masker/pexels.com

Good news for all of us! Pemerintah Republik Indonesia lewat Satgas Penanganan Covid-19 telah resmi mencabut aturan wajib penggunaan masker di semua ruang publik. Aturan baru ini dirilis sejak hari Jumat (9/6) dan membebaskan semua masyarakat dari kewajiban penggunaan masker, baik di tempat umum dan fasilitas publik.

Disebutkan pula dalam aturan ini bahwa masyarakat masih dianjurkan menggunakan masker apabila kondisi kesehatannya kurang baik. Sebaliknya, apabila merasa sehat, maka keharusan penggunaan masker sudah tidak berlaku untuk situasi apa pun. Selengkapnya mengenai kabar gembira tersebut bisa kamu baca di sini.

Kalahkan Antonsen, Ginting Raih Gelar Juara Singapore Open 2023

Anthony Ginting
Anthony Ginting saat melakukan selebrasi/olympics.com

Anthony Sinisuka Ginting berhasil menjadi juara Singapore Open 2023 setelah mengalahkan wakil Denmark, Anders Antonsen, di laga final yang digelar di Singapore Indoor Stadium, Minggu (11/6/2023).

Dalam laga berdurasi 40 menit, Ginting sukses menaklukan Antonsen dengan skor 21-16 dan 21-13. Kemenangan ini juga sekaligus menjadi gelar pembuka untuk Ginting pada tahun 2023, atau sejak pertama sejak Hylo Open 2022. Informasi lengkap mengenai pertandingan Ginting vs Antonsen bisa kamu simak di sini.

Penumpang KAI Sudah Bisa Boarding dengan Face Recognition, Registrasi Diklaim Kurang dari 1 Menit

KAI
Face Recognition KAI/website KAI

Penumpang KAI atau Kereta Api Indonesia kini sudah bisa masuk pintu keberangkatan stasiun tanpa menunjukkan dokumen seperti tiket dan e-KTP. Pasalnya, pihak KAI sudah menerapkan teknologi pengenalan wajah atau face recognition pada pintu keberangkatan. Berikut daftar stasiun yang sudah menerapkan teknologi face recognition.

Pertamina Akan Luncurkan Bahan Bakar Baru Campuran Pertamax dan Nabati Etanol

Harga BBM Pertamina Turun
SPBU Pertamina/shutterstock

Pertamina kabarnya akan meluncurkan bahan bakar jenis Bioetanol yang merupakan campuran dari Pertamax dan nabati etanol. Peluncuran itu dikabarkan akan dilakukan pada bulan ini. Jenis bahan bakar Bioetanol ini juga merupakan bahan bakar baru dari sumber energi terbarukan.

Nantinya, etanol yang digunakan akan berasal dari molases tebu. Transisi energi ini juga ternyata bukan sekadar memiliki ambisi untuk menurunkan karbon emisi, tapi lebih penting mewujudkan kemandirian energi. Selengkapnya mengenai Bioetanol dapat kamu baca di sini.

Asyik, Sekarang Sudah Bisa Cek Tagihan Listrik Secara Real Time di Aplikasi PLN Mobile

PLN

PT PLN kini mulai mengimplementasikan smart meter berbasis AMI atau Advanced Matering Infrastructure. Inovasi ini dikembangkan oleh PLN untuk mewujudkan infrastruktur smart grid berbasis dengan IoT (Internet of Things). Dengan sistem ini juga, pihak PLN bisa mengelola sistem energi dengan lebih efisien dan memantau permasalahan pelanggan dengan lebih cepat. Simak informasi lengkap mengenai sistem smart meter berbasis AMI dan juga aplikasi PLN Mobile di sini.

Pratama Arhan dan Lemparan Jauhnya yang Fenomenal Sampai Jadi MVP

Arhan

Pratama Arhan menjadi perbincangan banyak orang saat timnya Tokyo Verdy mengalahkan Thespakusatsu Gunma di Piala Kaisar 2023. Pasalnya, Arhan menjadi kunci kemenangan Tokyo Verdy berkat lemparan jarak jauhnya yang berhasil membobol gawang musuh, karena pemain lawan salah mengantisipasi datangnya bola. Berita lengkap mengenai Pratama Arhan dan kebolehannya di pertandingan melawan Thespakusatsu Gunma dapat kamu baca di sini.

Tampil Memukau, Putri Ariani Berhasil Dapatkan Golden Buzzer di America’s Got Talent ke-18

Putri Ariani di America’s Got Talent/Via: Tangkapan Layar

Kabar membanggakan datang dari anak muda sekaligus penyanyi asal Indonesia, yakni Putri Ariani yang baru aja mengikuti audisi ajang pencarian bakat internasional yakni America’s Got Talent (AGT) musim ke-18 pada hari Selasa (6/6).

Pasalnya, bukan cuma sekadar tampil saja, gengs. Berkat tampil dengan suara dan permainan pianonya yang berhasil memukau para juri, Putri berhasil mendapatkan tombol Golden Buzzer dari salah satu juri America’s Got Talent yang cukup ikonik dan terkenal sangat selektif, yakni Simon Cowell. Simak video mengharukan tersebut di sini.

Siap-Siap! Ada Jakarta Great Sale sampai Monas Week di Rangkaian HUT ke-496 Jakarta

Jakarta

Kota Jakarta akan merayakan Hari Ulang Tahun ke-496 tepat pada tanggal 22 Juni 2023 mendatang. Menyambut perayaan puncak, akan ada beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilakukan. Melansir dari situs resmi jakarta.go.id, rangkaian acara HUT ke-496 Jakarta akan dimulai dari tanggal 21 Mei 2023. Selengkapnya dapat kamu baca di sini.

Apresiasi Pak Jokowi kepada Peraih Medali SEA Games 2023, Gelontorkan Rp289 Miliar

SEA Games 2023

Bapak Presiden Jokowi memberikan apresiasi berupa bonus kepada para atlet, pelatih, dan ofisial tim yang mendapatkan medali di perhelatan SEA Games 2023 Kamboja. Upacara penghargaan ini dilakukan di Istana Negara, Jakarta. Berikut besaran bonus yang diberikan bagi masing-masing peraih medali SEA Games 2023.

Apple Luncurkan iOS 17, Cek Fitur-Fitur Barunya dan Daftar iPhone yang Kebagian

Apple Rilis iOS 17
Apple rilis iOS 17/macrumors.com

Apple resmi mengumumkan peluncuran iOS 17 dengan membawa pembaruan sistem operasi untuk iPhone. iOS 17 diumumkan di acara Worldwide Developers Conference 2023, Selasa dini hari (6/6/2023).

Beberapa pembaruan yang dibawa lewat iOS 17 di antaranya poster kontak yang dipersonalisasi, Live Voicemail, NameDrop, hingga pembaruan pada Dictation di keyboard. Info selengkapnya mengenai fitur-fitur terbaru iOS 17 serta daftar ponsel iPhone yang bisa menggunakan iOS 17 dapat kamu baca di sini.

Tarif Tol Cipularang dan Padaleunyi Alami Penyesuaian, Berikut Rinciannya

Ilustrasi Tol Padalarang/Via: Shutterstock

Ada info terbaru buat kamu yang sering melakukan perjalanan dari Jakarta ke Bandung ataupun arah sebaliknya yaitu Bandung ke Jakarta. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. baru saja memberlakukan penyesuaian atau kenaikan tarif tol terbaru pada Ruas Jalan Tol Cikampek–Purwakarta–Padalarang (Cipularang) dan Padalarang–Cileunyi (Padaleunyi) mulai Senin, 5 Juni 2023, pukul 00.00 WIB. Berikut rincian tarif terbaru Tol Cipularang dan Tol Padaleunyi.

Itu dia rangkuman berita yang paling banyak menarik perhatian selama seminggu kemarin. Semoga tak ada berita yang kamu lewatkan, ya! Let’s start this week with some positivity, Oppal gengs!

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.