WhatsApp Bakal Luncurkan Fitur Kirim Foto Berkualitas HD

No more blurry images!

1638
WhatsApp

Aplikasi WhatsApp sebentar lagi bisa berkirim gambar atau foto dengan resolusi besar hingga kualitas High Definition (HD). WhatsApp kini sedang menguji dukungan tersebut ke sejumlah pengguna.

Fitur ini hadir lewat pembaruan aplikasi versi beta 23.11.0.76 untuk iOS dan 2.23.12.13 untuk Android. Yang mana pengguna iOS atau Andorid sama-sama kebagian fitur kirim gambar beresolusi besar ini.

Sama seperti uji coba fitur-fitur baru sebelumnya, dukungan kirim foto HD di WhatsApp baru bisa dicoba oleh beberapa pengguna saja, khususnya bagi mereka yang ikut program beta.

WhatsApp
Fitur terbaru WhatsApp mengirim foto berkualitas HD/wabetainfo.com

Sebelumnya, WhatsApp meluncurkan fitur baru untuk berbagi media, yakni opsi kualitas foto pada aplikasi versi beta 23.4.0.70 di iOS. Pada opsi ini, pengguna bisa memilih kualitas foto yang diinginkan, sehingga detail gambarnya tetap terjaga saat dikirimkan ke pengguna lainnya.

Tetapi, secara keseluruhan, saat itu opsi kualitas gambarnya masih belum tersedia karena belum bisa diaplikasikan pengguna saat berkirim gambar. Dukungan kirim foto resolusi HD ini masih berkaitan dengan opsi tersebut.

Jadi, dengan memasang pembaruan aplikasi versi beta 23.11.0.76 untuk iOS dan 2.23.12.13 untuk Android, pengguna sudah bisa berkirim foto lewat WhatsApp dengan kualitas HD.

WhatsApp
WhatsApp/shutterstock

Anyway, ada dua opsi kualitas yang tersedia, “Standar” dan “HD”. Secara default, opsi gambarnya bakal diatur berkualitas standar. Jadi, kamu harus mengklik opsi HD dulu setiap ingin mengirimkan foto atau gambar beresolusi tinggi.

Walaupun mendukung gambar berkualitas HD, WhatsApp tetap menurunkan kualitas foto yang dikirim pengguna dengan opsi HD. Resolusinya bakal dikompres sedikit, sehingga kualitas aslinya hanya bertahan 90 persen.

Foto yang dikirim dengan opsi HD di WhatsApp nantinya bakal muncul dengan keterangan “HD”, tepatnya di sudut kiri bawah foto.

WhatsApp
Ilustrasi berkirim foto di WhatsApp/shutterstock

Satu hal yang perlu kamu catat, dukungan kualitas HD ini hanya berlaku untuk foto yang dikirim pengguna via chat WhatsApp. Artinya, kualitas yang sama nggak akan ditemukan untuk video atau ketika pengguna berbagi foto melalui tab Status.

By the way, WhatsApp sudah meluncurkan opsi HD ini ke sejumlah pengguna beta, baik Android maupun iOS. Fitur ini juga bakal diperluas ke pengguna beta lainnya dalam waktu dekat.

Meski fitur terbaru ini belum tahu kapan dirilis di Indonesia, at least kita akan bisa berkirim gambar beresolusi tinggi, gengs!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!