YouTube Music Luncurkan Fitur Podcast, Bisa Dinikmati Secara Offline, Lho!

Fitur ini memungkinkan podcast bisa didengarkan secara offline atau sambil membuka aplikasi lain.

62
YouTube Music

YouTube Music akhirnya resmi merilis fitur Podcast di dalam aplikasi, setelah Head of Podcasting YouTube, Kai Chuk, membocorkannya pada Februari lalu. Tapi, YouTube menyampaikan bahwa fitur podcast ini baru bisa dicoba oleh pengguna asal Amerika Serikat saja.

Dalam laman resmi Support Google, disebutkan juga bahwa konten-konten podcast yang ada di dalam fitur podcast bisa ditemui di tab “Podcast” dalam menu “Home” dan “Explore” aplikasi YouTube Music.

YouTube Music
Tampilan fitur podcast di YouTube Music/arstechnica.com

Nah, nantinya, seluruh pengguna, baik itu berbayar atau gratis, bisa mendengarkan konten podcast di YouTube Music, baik itu format audio atau video, secara offline, atau sambil membuka aplikasi lain.

Tentunya, pengalaman ini akan berbeda jika dibandingkan dengan kegiatan mendengarkan konten audio reguler atau lagu di YouTube Music. Karena, pengguna gratis selama ini enggak bisa mengunduh lagu untuk mendengarkannya secara offline, atau memutar musik sembari membuka aplikasi lain (membiarkan YouTube Music berjalan di sistem background ponsel).

Belum dijelaskan apakah pengguna nonpremium bakal mendengarkan selingan iklan saat menikmati konten podcast atau enggak. Selain itu, YouTube juga enggak menyebutkan apa alasan mereka membawa fitur podcast ke YouTube Music.

YouTube Music
Ilustrasi fitur podcast di aplikasi YouTube Music/macrumors.com

Well, tentunya kehadiran fitur podcast di YouTube Music sepertinya bisa memperketat persaingan layanan streaming musik on-demand yang menyediakan beragam konten audio berjenis podcast.

Anyway, setelah Amerika Serikat, fitur podcast ini akan hadir untuk pengguna YouTube Music di negara lain dalam beberapa waktu ke depan. Tetapi, belum disebutkan juga negara apa saja yang akan disambangi fitur podcast di YouTube Music setelah Amerika Serikat.

YouTube Music
Ilustrasi YouTube/techradar.com

Yang jelas, kalau fitur ini sudah tersedia, pengguna, baik itu gratis atau berbayar, akan menemukannya lewat menu atau tab podcast di dalam aplikasi YouTube Music.

Siap-siap, gengs, kita bakal kehadiran layanan streaming podcast lainnya dari YouTube. Bagaimana menurut kamu?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Editor's Pick