Jelajahi Era Baru Bisnis: Franchise & License Expo Indonesia 2024 Menghadirkan Peluang Bisnis untuk Entrepreneur!

9

Di tengah ketahanan ekonomi yang kuat dengan pertumbuhan yang diproyeksikan mencapai 4,9 – 5 % pada tahun 2024, Panorama Media selaku penyelenggara dengan bangga mengundang para pengusaha, investor, dan penggemar bisnis untuk mengeksplorasi peluang bisnis di pameran Franchise & License Expo Indonesia (FLEI). Pameran ini akan diadakan pada tanggal 10 – 12 Mei 2024 di Jakarta International Expo (JIEXPO, Kemayoran) Hall D2. Dengan konsep yang direnovasi, edisi ke-22 FLEI bertujuan untuk mengangkat reputasi acara ini menjadi lebih dari sekadar pameran franchise biasa. “FLEI bertekad menyatukan berbagai elemen dari ekosistem Peluang Usaha ke dalam satu platform berupa ‘Business Show’ yang mencakup lima cabang usaha, yaitu bisnis Franchise, BizOps, IP Lisensi, Reseller/Distributor, dan Retail Solution. Hal ini menjadi alasan mengapa logo FLEI di rebrand dan juga tagline diubah menjadi ‘Connecting Business’. Sebagai penyelenggara, kami memiliki peran penting untuk menjembatani hubungan antara ‘Sellers dengan Buyers’ serta memberikan pemahaman mendalam kepada calon atau young entrepreneur tentang bagaimana mencapai kesuksesan dalam beragam kondisi melalui program GRAB-RUN-GROW,” ujar Royanto Handaya, Presiden Direktur Panorama Media.

Dalam konteks jangka panjang, Indonesia terus mengikuti rencana pembangunan 20 tahun yang mencakup peningkatan kapital manusia dan daya saing di pasar global. “Kami yakin bahwa dinamika pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini menawarkan peluang yang belum pernah ada sebelumnya bagi pengembangan bisnis franchise & lisensi, yang dimana dapat mendorong inovasi dan kewirausahaan di seluruh negeri,” kata Levita G Supit S.H., M.H, Ketua umum Perhimpunan Waralaba & Lisensi Indonesia (WALI) dan Wakil Ketua Komite Tetap, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN Indonesia). Terlebih lagi dengan dukungan dari Kementerian Perdagangan di mana Surat tanda Pendaftaran Waralaba (STPW) sudah dipersingkat menjadi minimal 3 tahun, “Industri Franchise di Indonesia menjadi terus berkembang, menawarkan peluang yang sangat menjanjikan bagi pengusaha yang ingin memanfaatkan kekuatan merek yang sudah terbukti dan model bisnis yang efektif.” kata Burang Riyadi, MBA, Civ. Eng dipl., Franchise Consultant, Franchise Academy Indonesia. Hal ini membuat bisnis franchise semakin menarik bagi yang mencari investasi di franchise yang dinamis dan terus berkembang. “Ketertarikan konsumen sudah dirasakan oleh kami sebagai bisnis franchise F&B, di mana sekarang konsumen semakin memilih kenyamanan dan kualitas terjamin untuk membuat bisnis daripada memulai dari awal,” sambung Valentino Ivan, Founder KAIA Group & FnB Expert. Maka dari itu dengan tema “Connecting Business”, FLEI hadir untuk merangkul setiap entrepreneur, menyambut setiap ide kreatif, dan mewujudkan setiap impian bisnis. Berikut adalah 3 highlight program dan aktivitas di dalam pameran FLEI:

Promo Eksklusif yang ditawarkan langsung oleh exhibitor / tenant
Pameran FLEI disambut baik oleh para brand, sehingga tenant yang bergabung pada pameran ni lebih dari 200 brands. Brand yang join pun dari beragam industri dari bagian food & beverage, retail, automotive, edukasi, dan juga jasa layanan. Tidak hanya itu, setiap brand juga memberikan program yang menarik serta promo eksklusif yang hanya bisa didapatkan pada pameran FLEI. Skema bisnis yang ditawarkan pun juga beragam dan juga dinamis sehingga ini membuat pameran FLEI adalah pameran yang tidak boleh dilewatkan bagi para calon wirausaha dan entrepreneur yang ingin mendapatkan peluang bisnis.

Grab Run Grow Konferensi:
Program Grab Run Grow juga menjadi program yang ditunggu-tunggu oleh para business seekers, dimana untuk edisi kali ini Konfrensi ini akan dihadirkan oleh puluhan pembicara pakar bisnis. Para pengunjung dapat mendapatkan wawasan mendalam tentang manajemen franchise, strategi pemasaran, dan langkah-langkah praktis untuk memperluas bisnis mereka dalam segi operasional maupun sumber daya manusia. Dengan mendengarkan langsung dari para ahli industri dan inspirator bisnis yang sukses, mereka akan mendapatkan pengetahuan yang bisa diterapkan dalam bisnis mereka. Hal ini selaras dengan buku “Franchise Selection” yang segera rilis pada saat konfrensi FLEI karya Cooky T. Adhikara dari Cervo.id, Bu Evi Diah Puspitawati & Wahdi Fakhrozy dari Franchise Academy Indonesia (FAI), yang berisi cara jitu bagaimana memilih bisnis waralaba yang baik. Di samping itu, dalam konferensi ini, tema lisensi juga menjadi sorotan bagi para pengunjung. Pengunjung akan memiliki kesempatan untuk belajar lebih dalam mengenai lisensi, termasuk studi kasus maupun kisah sukses dari pemilik brand dan juga pemilik IP. Tidak hanya itu, tapi juga strategi praktis dalam berkolaborasi dengan IP untuk mengembangkan bisnis mereka. Ini adalah kesempatan untuk para pengusaha untuk mendapatkan wawasan mendalam tentang bagaimana memanfaatkan lisensi sebagai alat strategis untuk pertumbuhan dan kesuksesan suatu bisnis.

Inovasi Berkelanjutan: Kolaborasi

Tidak berhenti dalam pameran maupun konferensi, FLEI juga bekerjasama dengan Hai DUDU sebagai salah satu IP Collaborator, kerjasama ini dilakukan untuk mempromosikan lisensi lokal Indonesia dan juga memajukan industri kreatif Indonesia dalam segi dunia bisnis. Dengan begitu para kreator Indonesia dapat memahami bagaimana bisa berpenghasilan dengan hasil karyanya. Selain mendorong industri kreatif, FLEI juga mendorong generasi muda dalam kesadaran lingkungan dan bisnis berkelanjutan dengan membuat Ecopreneur Challenge. Ecopreneur Challenge ini juga didukung oleh WALI, KADIN, TES, dan juga Demi Bumi. Kedua inovasi program dari FLEI ini adalah gerakan untuk terus memajukan lisensi Indonesia, sustainability, dan juga generasi muda. Antusias pameran FLEI bukan hanya dari penyelenggara tetapi juga dari KADIN, WALI, Franchise Academy Indonesia, Kementerian Perdagangan Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan juga Kementerian Koperasi UKM yang mendukung pameran ini. Tidak berhenti sampai di situ, FLEI juga menggandeng beberapa komunitas bisnis dan Asosiasi, seperti TES, Finansialku, TDA, Cervo, Ilmu Keuangan, Hippindo, dan juga APRINDO untuk ikut meramaikan pameran FLEI. FLEI pun juga berkolaborasi dengan beberapa mitra-mitra terpercaya seperti Top Coach Indonesia, Gowork, Crystalin, Jumpstart, Undangin, The 1O1 hotel & resorts, dan juga INFIA. Dengan pasar Indonesia yang berkembang pesat dan serta dukungan dari para mitra-mitra, “Kami yakin FLEI adalah tempat yang tepat untuk menggali peluang bisnis yang tak terbatas. Bergabunglah bersama ribuan entrepreneur dan pemimpin bisnis lainnya, serta jadilah bagian dari momentum luar biasa ini!” tutup Royanto Handaya.