Mengenal Arti “Rubicon” Pada Mobil Jeep Wrangler

Jeep Rubicon ini menjadi salah satu varian favorit dari Jeep.

1709
0

Akhir-akhir ini mobil Jeep Wrangler Rubicon sedang banyak dibicarakan oleh masyarakat. Mobil jip yang menjadi andalan di segala medan ini menjadi kendaraan gagah bagi siapapun yang mengendarainya.

Jeep merupakan jenis kendaraan yang sudah ada sejak 80 tahun silam. Melihat dari laman resmi Jeep, makna dari nama mobil ini sendiri sangat erat kaitannya dengan kebebasan, petualangan, keaslian, dan semangat.

Kendaraan ini muncul kurang lebih di tahun 1940-an dan digunakan oleh tentara sekutu pada waktu itu di seluruh dunia. 10 tahun berselang tepatnya di 1950, mobil Jeep mengalami berbagai macam perkembangan dari sisi model. Hingga pada tahun 1960, merk ini memiliki inovasi yang tak tertandingi.

Nama Jeep Wrangler menjadi generasi ke-empat yang hadir untuk model 2018. Kendaraan ini menampilkan bobot yang lebih ringan dengan peningkatan di kaki-kaki atau suspensi dan teknologi interior.

2021 Jeep® Gladiator Rubicon/jeep.ca

Pada tahun 2003, perusahaan Jeep mengeluarkan Jeep Wrangler Rubicon. Jenis kendaraan ini menjadi yang paling “ganteng” dan mumpuni yang pernah diproduksi oleh Jeep.

Kendaraan ini kemudian menjadi jenis kendaraan merek jip pertama yang menjangkau banyak kalangan. Saat ini, Jeep Wrangler Rubicon 2007 hadir dengan rangka yang baru, dimensi lebih besar dan desain yang lebih segar dibanding sebelumnya.

Kendaraan ini hadir dengan model empat pintu dan lima tempat duduk untuk penumpang. Melihat dari sumber yang sama, Jeep Wrangler menjadi salah satu kendaraan yang paling disukai masyarakat Indonesia.

Asal Usul Nama Rubicon

Rubicon
Jeep Rubicon

Pada Jeep jenis Wrangler dan Gladiator tersemat nama Rubicon. Apa artinya? Melansir dari laman Jeep.ca, nama Rubicon berasal dari sebuah sungai kecil yang jadi perbatasan antara Italia dan Cisalpine Gaul.

Pada zaman Romawi, sungai ini menandai perbatasan antara Italia dan Cisalpine Gaul, wilayah selatan pegunungan Alpen.

Pada awal 1950-an, sekelompok orang mengendarai Jeep melewati jalur bebatuan di Pegunungan Sierra Nevada menuju Dana Tahor, California, Amerika Serikat. Kelompok ini merupakan penggemar dari off-road.

via GIPHY

Tanggal 29 Agustus 1953, sebanyak 55 Jeep dan 155 peserta meninggalkan Georgetown untuk perjalanan kurang lebih dua hari yang dikenal pada waktu itu sebagi “Jeepers Jambore 1”.

Perjalanan ini mulanya direncanakan untuk mendukung perekonomian masyarakat setempat. Selain itu, perjalanan ini menjadi perjalanan Jeep resmi pertama di Jalur Rubicon dan Jambore Jeep Pertama di dunia.

 Itu lah asal usul nama Rubicon yang ada pada Jeep Wrangler Gengs. Keren banget sih ini mobil.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *