Selain Hammersonic, Ini 7 Festival Musik Rock Terbaik di Indonesia

Metalheads jangan sampai absen di event musik ini, siap-siap headbangs!

252
Festival Musik Rock di Indonesia

Gengs, bagi kalian penikmat musik keras, ada beragam festival musik rock yang terkenal di kota-kota besar di Indonesia. Festival ini tentunya lahir dari kecintaan komunitas underground terhadap musik keras yang berlangsung selama beberapa dekade.

Dalam waktu dekat ini, salah satu festival rock terbesar di Indonesia, Hammersonic Festival, akan berlangsung pada 18-19 Maret 2023. Festival yang tahun ini mengusung tema “Rise of the Empire” akan diadakan di Carnaval Ancol, Jakarta Utara.

Anyway, selain Hammersonic, kira-kira ada festival musik rock apa saja yang wajib kita kunjungi, ya, gengs? Scroll down untuk tahu selengkapnya, gengs!

1. Rock In Solo (Solo)

Festival yang satu ini sudah digelar sejak tahun 2004, dan diselenggarakan di Surakarta, Jawa Tengah. Walaupun nggak diadakan secara rutin setiap tahunnya, Rock In Solo sudah menjadi magnet tersendiri bagi para penikmat musik rock, khususnya metal di Indonesia.

Deretan band-band cadas internasional pun pernah menggetarkan panggung Rock In Solo, seperti Behemoth, Nile, Unearth, I Killed The Prom Queen. Rock In Solo juga pernah menggelar acara secara hybrid dengan tema A Journey Of Rock In Solo: Apokaliptika.

2. Doomsday Open Air (Bandung)

Beragam festival rock hadir di tanah Pasundan. Doomsday Open Air yang digelar pertama kali pada tahun 2015 muncul untuk memanjakan para metalhead yang ada di Bandung. Kehadiran Doomsday pun menjadikan Bandung memiliki banyak keanekaragaman di segmen industri kreatif, khususnya untuk konser musik.

3. Brotherground Festival (Surabaya)

Bergeser ke Surabaya, ada Brotherground Festival yang sudah dihelat sejak tahun 2015. Brotherground Festival sendiri pernah menampilkan band-band yang sudah nggak familiar lagi, seperti Burgerkill, Jasad, Beside, DeadSquad, Death Vomit, Siksakubur, dan lainnya.

Gak cuma itu, band-band jagoan Surabaya seperti Fraud, Devadata, G.A.S, sampai Blingsatan pun juga pernah berbagi panggung bersama metal giants Tanah Air.

4. Rock In Celebes (Makassar)

Beralih ke luar Pulau Jawa, ada Rock In Celebes, sebuah festival musik rock yang dilaksanakan di Makassar. Rock In Celebes sudah eksis dari tahun 2010, dan konsisten diadakan setiap tahunnya, even saat masa pandemi Covid-19.

Pada Desember 2021, Rock In Celebes menggelar acara sekaligus peluncuran buku “Rock In Celebes: 100 Tahun Musik Populer di Makassar”.

Di tahun 2022, Rock In Celebes kembali hadir sekaligus merayakan tahun yang ke-13 dengan menampilkan musisi-musisi lokal yang keren, seperti Jamrud, DeadSquad, Boomerang Reload, sampai Avhath.

5. Hellprint Festival (Bandung)

Hellprint Festival merupakan festival rock terbesar di Kota Bandung, yang setiap tahunnya mendatangkan band-band lokal terbaik di Indonesia. Berbeda dengan festival lainnya, Hellprint nggak cuma menggelar festival dengan konsep open air. Mereka selalu menyajikan beberapa jenis gelaran festival seperti:

  • United Day
  • Monster Of Noise
  • The Invasion
  • Queen Of Passion
  • United We Are
  • Collaboration Concert
  • Noise Corner
  • Virtual Show

6. Jogjarockarta (Yogyakarta)

Diselenggarakan pada tahun 2017, Jogjarockarta selalu punya headliner yang bukan kaleng-kaleng, gengs! Sejumlah musisi-musisi kawakan seperti Dream Theater, Megadeth, Scorpion, hingga Whitesnake merasakan atmosfer crowd dari Jogjarockarta.

7. Bandung Berisik (Bandung)

Bandung Berisik
Seringai saat tampil di Bandung Berisik/sorgemagz.com

Again and again, Bandung menjadi salah satu kota yang punya beragam festival musik rock, seperti Bandung Berisik. Acara ini awalnya diinisiasi oleh gerombolan anak muda bengis dan dinamis di ujung timur Kota Bandung, Ujungberung Rebel Homeless Crew.

Sejak tahun 1995, ribuan penikmat musik keras nggak pernah absen dan selalu membanjiri venuevenue tempat festival ini digelar dengan artis-artis metal lokal dan mancanegara yang menghiasi panggungnya secara bergantian.

Nah, itu dia tujuh festival musik rock selain Hammersonic yang ada di kota-kota besar Indonesia. Anyway, dari tujuh festival musik rock di atas, mana yang paling sering kalian kunjungi, gengs?

Bagi kalian yang belum pernah dan ingin mencicipi atmosfer festival musik rock, deretan festival di atas bisa jadi opsi kalian untuk headbang bareng metalhead lain.

Matt Shadows, vokalis Avenged Sevenfold pernah bilang kalau musik rock nggak pernah mati. So, keep rocking on, gengs!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!