CEO OPPAL, Pak Firman, Ajak Generasi Muda Sebarkan Berita Positif di Next Gen Festival 2023

Sending y’all the good vibes!

60

Sebuah festival inspiratif untuk generasi muda Indonesia yang diadakan oleh Plaza Indonesia, yakni Next Gen Festival “Expertise for the Future” saat ini masih berlangsung di The Warehouse, Level 5, Plaza Indonesia sejak tanggal 22 Mei sampai dengan 27 Mei mendatang.

Menghadirkan beberapa pembicara yang kompeten dan ahli di dalam berbagai bidang, acara Next Gen Festival cocok banget kamu datangi untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan menarik, salah satunya di dalam dunia kreatif.

Anyway, pada hari ke-3 kemarin, CEO OPPAL Multi-Platform Media, Pak Firman juga hadir menjadi salah satu pembicara untuk membagikan informasi menarik dengan tema “Being & Spread Positivity is a Cool Thing!”.

Sesuai dengan tema yang beliau angkat, pada sesinya Pak Firman membicarakan dan memperkenalkan OPPAL sebagai salah satu media yang konsisten untuk memberikan sebuah informasi-informasi positif kepada masyarakat luas.

Menyasar pasar generasi anak muda, OPPAL berusaha untuk mengemas suatu berita menjadi suatu pembahasan yang menarik, fun, dan tentunya positif untuk disebarluaskan.

Baik pada pembawaan konten, bentuk-bentuk kolaborasi, pengambilan sudut pandang topik, sampai pemilihan suatu isu yang akan diberikan kepada masyarakat. Sesuai juga dengan tagline OPPAL yakni #PositiveBanget!

Pak Firman juga mengatakan, bahwa seiring berjalannya dan majunya teknologi, paparan media pasti selalu mengiringi kehidupan manusia setiap harinya. Sehingga, untuk mengimbagi paparan tersebut, dibutuhkan sebuah cara yang positif agar dapat membentuk lingkungan masyarakat yang lebih aktif dan mindfull.

Movement OPPAL adalah untuk mengajak teman-teman dan masyarakat yang bawa berita positif itu berisik dan aktif, bareng-bareng kita bisa spread positivity tapi tetap cool dan asik,” kata Pak Firman.

Dihadiri oleh audience yang didominasi para mahasiswa, mereka terlihat sangat semangat dan antusias menyimak dan mendengarkan apa saja yang Pak Firman sampaikan.

Melihat dampak media yang saat ini semakin cepat, dan ditengah gempuran clickbait atau masifnya berita negatif. Mereka juga ingin mengetahui bagaimana Pak Firman dapat menarik audience melalui media dengan komitmen yang cukup berbeda dengan yang lainnya.

CEO OPPAL, Pak Firman dalam Acara Next Gen Festival/Via: Dokumentasi OPPAL/Zahra

Hal itu juga yang ditanyakan oleh seorang mahasiswi dari Universitas Atma Jaya bagaimana OPPAL dapat konsisten untuk memegang komitmen tersebut untuk menarik perhatian dari masyarakat.

“Ini merupakan komitmen yang sudah OPPAL pegang sejak awal, sebagai media tentu kami juga pengin untuk tumbuh cepat. Kita mencoba memberikan pesan yang positif dan menyediakan experience berbeda, tapi biarkan marketnya yang memilih, kita tidak apa-apa kok kalau memang prosesnya harus pelan, jadi biarkan tumbuh dengan organik,”

Selain pertanyaan tersebut, pertanyaan yang diajukan oleh audience lainnya yakni bagaimana cara OPPAL untuk mengambil suatu isu atau angle yang sedang naik di masyarakat sehingga masih menjadi berita yang mudah diterima dan masih sesuai dengan komitmen-komitmen OPPAL.

CEO OPPAL, Pak Firman dalam Acara Next Gen Festival/Via: Dokumentasi OPPAL/Zahra

Menjawab pertanyaan tersebut, Pak Firman juga menjelaskan beberapa langkah OPPAL dalam mengelola suatu isu, mulai dari pemilihan judul yang nyaman dibaca oleh masyarakat, dan diganti dengan headline menarik, serta isi berita yang lebih bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Faktanya boleh negatif, tapi OPPAL enggak akan membahas hal negatif tersebut. Kita lebih memilih untuk mengangkat hal apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah hal tersebut, atau bagaimana seharusnya kita bertindak kalau dihadapkan dengan situasi tersebut,” jelasnya.

Sebagai media baru dan juga memiliki komitmen yang cukup berbeda, menurut Pak Firman langkah tersebut juga bukan pilihan yang mudah untuk dijalani. Tapi, justru komitmen itu juga yang banyak membantu OPPAL dan mudah diterima oleh masyarakat.

Via: Dokumentasi OPPAL/Zahra

“Kita ingin campaign untuk mendukung berita-berita positif bisa disebarluaskan. Kalau valuenya udah kuat dan juga bermanfaat, pasti banyak yang bakal bantu dan tertarik untuk terjun bersama OPPAL,” ucapnya.

Pada akhir sesinya, Pak Firman mengajak para audience dan juga masyarakat untuk lebih mendukung berita positif yang dikeluarkan oleh media agar dapat mendukung generasi muda dapat berkembang dengan lebih baik dan juga percaya diri. Let’s spread positive vibes, Oppal gengs!