64
0

Mau Manggung di Jakarta, Ini 5 Fakta Arctic Monkeys yang Perlu Kamu Tahu

Arctic Monkeys siap memuaskan penggemarnya hari ini.

64
0
Arctic Monkeys

Siapa yang gak tahu Arctic Monkeys? Rasanya seperti kurang percaya kalau ada yang ketinggalan mengenai siapa mereka. Yup, band indie rock sensasional yang dibentuk di Sheffield, Inggris ini sedang menggelar tur dunia mereka.

Bagusnya lagi, Indonesia menjadi salah satu bagian dari tur dunia mereka, gengs. Jadi, Indonesia sudah siap banget meramaikan rangkaian Arctic Monkeys Asia Tour 2023 yang akan digelar di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara, besok, Sabtu 18 Maret 2023.

Anyway, buat kamu yang sudah siap untuk melihat aksi panggung mereka, ada sederet fakta tentang Arctic Monkeys yang perlu kamu ketahui. Sebelum sing along bareng Alex Turner, yuk, cek dulu fakta-fakta band yang juga disukai oleh pecinta Britpop ini.

1. Album debut Arctic Monkeys jadi yang terbaik

Arctic Monkeys
Arctic Monkeys/ew.com

Arctic Monkeys muncul sebagai salah satu band indie yang menyita perhatian publik lewat internet. Banyak pengamat musik yang menilai kalau mereka mewakili perubahan dalam cara mempromosikan karya-karyanya.

Nah, debut album mereka yang berjudul Whatever People Say I Am, That’s What I’m Not (2006) menjadi debut album dengan penjualan tercepat dalam sejarah di Inggris. Bahkan, debut album mereka dianggap sebagai salah satu debut album terbaik.

Lewat debut album tersebut, Arctic Monkeys berhasil meraih penghargaan terbaik dalam ajang Brit Awards 2007. Setahun setelahnya, Arctic Monkeys merilis album keduanya, Favorite Worst Nightmare (2007), yang juga dapat pujian dari kritikus sampai berhasil memenagkan penghargaan album terbaik pada Brit Awards 2008.

2. Lagu-lagunya selalu masuk top chart

Arctic Monkeys
Penampilan Arctic Monkeys dalam sebuah konser/cultura.id

Arctic Monkeys memang memiliki musik yang khas dan lirik yang unik. Thats why mereka selalu berhasil tembus tangga lagu teratas, gengs. Mulai dari album pertamanya sampai album-album lainnya pun sering bertengger di peringkat atas.

3. Pernah kolaborasi dengan beberapa artis Inggris

Di tahun 2007, Arctic Monkeys berkolaborasi dengan beberapa artis Inggris lainnya, salah satunya Death Ramps, dan mereka juga memainkan beberapa secret show. Beberapa lagu mereka pun dirilis dengan nama Arctic Monkeys B-Sides.

4. Band pertama yang besar lewat MySpace

Band rock indie ini berhasil menjadi salah satu band pertama yang besar melalui MySpace. Para fans membagikan musik gratis mereka, yang akhirnya melahirkan banyak pengikut sebelum mereka bergabung dengan label rekaman.

5. Band indie yang dapat banyak penghargaan

Arctic Monkeys akhirnya berhasil meraih kesuksesan di kancah internasional dengan album kelimanya yang berjudul AM (2013). ‘Do I Wanna Know’ menjadi lagu hits dalam album ini. Arctic Monkeys sudah menjual lebih dari 23 juta album di seluruh dunia.

Bahkan, di Inggris, mereka menjadi band indie tanpa label yang berhasil meraih peringkat satu dengan lima album pertamanya.

Anyway, Arctic Monkeys telah memenangkan 7 penghargaan Brit Awards, satu Mercury Prize, satu Ivor Novello Award, dan 20 NME Awards. Mereka juga masuk nominasi penghargaan Grammy sebanyak lima kali.

Nah, itu dia fakta-fakta soal Arctic Monkeys yang perlu kamu ketahui sebelum melihat penampilan mereka secara live Sabtu (18/03). By the way, lagu Arctic Monkeys mana yang jadi favorit kamu nih, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!