Dukung Pengembangan Literasi Digital, Astra Gelar Pameran Seni Rupa dan NFT

Ada beragam karya seni dari lukisan, patung, instalasi hingga video loh!

33
Pameran Seni Astra

Astra berkolaborasi dengan Kompas Gramedia menggelar pameran seni rupa dan NFT (Non Fungible Token) bertajuk “RE-IDENTIFY” di Galeri Astra, Menara Astra, Jakarta. Pembukaan pameran seni ini berlangsung pada Rabu, 26 Juli 2023.

Pameran yang menggabungkan seni konvensional dan teknologi digital ini berlangsung mulai dari 26 hingga 30 Juli. Pameran seni ini menghadirkan berbagai karya yang unik dan inovatif yang mengajak pengunjung untuk menggali potensi seni dalam era digital, serta menjelajahi konsep identitas dalam konteks modern di tengah perkembangan era industri 4.0 yang dinamis.

Pameran Seni Astra
Suasana Pameran “RE-IDENTIFY” di Galeri Astra/Redaksi OPPAL

“Untuk mengembangkan potensi pasar NFT Indonesia dalam industri kreatif, tentu saat ini kita membutuhkan pengembangan literasi digital melalui ruang belajar interaktif yang didukung oleh fasilitas yang mumpuni serta para tim ahli di dalamnya,” ucap Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

“Kolaborasi antara Astra dan Kompas Gramedia diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif dan pengembangan literasi digital tentang NFT bagi masyarakat di Indonesia.”

Menurut Direktur Corporate Communication Kompas Gramedia, Glory Oyong, tema “RE-IDENTIFY” ini mengajak kita untuk memikirkan ulang, siapa sejatinya identitas diri kita di tengah revolusi Industri 4.0. Semangat itu ditafsirkan para seniman melalui beragam bentuk karya, seperti lukisan, drawing, patung, foto, instalasi, atau video.

“Semua karya itu memiliki versi NFT yang ditampilkan dalam marketplace berjejaring global. Pameran ini juga terselenggara berkat kerja sama Kompas Gramedia dengan Astra yang sama-sama bersemangat untuk mendorong literasi digital di masyarakat. Dalam konteks seni budaya, literasi itu antara lain berupa peningkatan pengetahuan dan praktik mendesain karya seni dalam format NFT,” kata Glory.

Selain itu, pameran RE-IDENTIFY juga menampilkan karya-karya NFT terpilih dari Kompas NFT, KOGI NFT, dan beberapa seniman NFT undangan. Lewat penggunaan teknologi NFT, para seniman dapat menciptakan karya seni digital yang memiliki jejak digital yang nggak bisa diubah, memberikan kepercayaan dan jaminan atas keaslian, serta keunikan karya tersebut.

Pameran Seni Astra
Instalasi karya-karya seni di Pameran RE-IDENTIFY/Redaksi OPPAL

Dengan mengoptimalkan teknologi digital, salah satunya dalam bentuk NFT, para seniman menampilkan karya secara offline sekaligus online yang bisa dinikmati oleh publik tanpa batas ruang dan waktu.

Sebagai panggung bagi seniman untuk mengeksplorasi batas-batas seni dan teknologi, pameran ini mencoba menciptakan dialog yang menarik antara seni visual dan inovasi digital yang memungkinkan seniman untuk memanfaatkan teknologi blockchain dan menggabungkannya dengan seni tradisional sehingga membuka pintu baru dalam ekosistem seni kontemporer.

Sebagai bentuk dukungan Astra dan Kompas Gramedia dalam mendorong ekonomi kreatif dan mengoptimalkan penggunaan teknologi digital di Indonesia, sejak Januari hingga Juli 2023 telah berlangsung program Laboratorium NFT Bentara Budaya Powered by Astra yang turut membantu proses pelatihan para peserta dengan menghadirkan para ahli di bidang NFT dari kalangan desainer atau seniman, pakar teknologi, dan praktisi pemasaran digital yang telah berbagi pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman mereka.

Pameran Seni Astra
Head of Corporate Communications Astra Boy Kelana Soebroto saat melihat salah satu karya seni di Pameran RE-IDENTIFY/Astra

Sebagai bagian dari rangkaian program Laboratorium NFT Bentara Budaya powered by Astra, Pameran RE-IDENTIFY menampilkan karya dari peserta angkatan 1 dan 2 beserta sejumlah seniman undangan. Sebelumnya, pameran ini telah digelar di Bentara Budaya Jakarta pada tanggal 13 hingga 21 Juli 2023 dan akan berlangsung di Galeri Astra pada 26 hingga 30 Juli 2023.

Selain pameran, para pengunjung juga bisa  menambah wawasan tentang peran teknologi dan seni yang saling memengaruhi saat ini melalui Sharing Session bertajuk “Ketika Seni Bersentuhan dengan Teknologi” bersama ilustrator, sutradara, dan komik kreator Faza Meonk dan General Manager Bentara Budaya & Communication Management, Corporate Communication Kompas Gramedia Ilham Khoiri pada hari Sabtu, 29 Juli 2023, pukul 15.00 WIB di Galeri Astra.

Melalui pameran ini, para pengunjung bisa merasakan pengalaman seni yang unik dan ikut merenungkan konsep identitas dalam dunia yang terus berubah.

Anyway, pameran RE-IDENTIFY terbuka untuk umum dan publik dapat menghadiri seluruh rangkaian acara ini secara gratis.

Buat kamu yang punya waktu senggang, yuk langsung saja datang ke pameran “RE-IDENTIFY”.

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Related Post