Rekomendasi 4 Es Krim Legendaris di Jakarta yang Cocok Buat Melepas Penat

555
1

Jakarta merupakan ibu kota Indonesia dengan total penduduk mencapai 10 juta jiwa. Karena jumlah penduduknya yang begitu banyak, Jakarta dikenal sebagai kota yang padat. Belum lagi cuaca di ibu kota ini juga terkenal panas.

Terlepas dari keramaian dan kepadatannya, Jakarta punya banyak tempat untuk melepaskan penat dari segudang aktivitas. Salah satunya toko es krim. Menikmati es krim di tengah panasnya Kota Jakarta tentu bisa menjadi salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan. Terlebih es krim tersebut punya kisah legendaris yang menarik untuk diketahui.

Nah, berikut ini daftar toko es krim legendaris di Jakarta yang bisa kamu kunjungi di sela-sela kesibukkanmu.

1. Ragusa Es Italia

Ragusa Es Italia (Sumber foto: Instagram @ragusa.jkt)

Nama toko es krim yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi warga Jakarta. Ragusa didirikan oleh duo bersaudara asal Italia, Luigi Ragusa dan Vicenzo Ragusa pada 1932. Ragusa kini bahkan menjadi toko es krim tertua di Jakarta.

Es krim Ragusa dahulu hanya dijual setahun sekali saat pasar malam diselenggarakan, tepatnya di Pasar Gambir. Kabarnya, Ragusa awalnya hanya ada di Bandung, Jawa Barat, dan sering membuka lapak es krim di acara tahunan yang ada di Jakarta. Gerai Ragusa yang Cuma ada setahun sekali di Jakarta tersebut kemudian mendapatkan banyak perhatian warga. Melihat respon tersebut, Ragusa akhirnya membuka cabang di Jakarta.

Pada tahun 1977, duo pemilik Ragusa itu kemudian mengibahkan ladang usahanya yang dibangun sejak zaman Belanda kepada Sias Mawarni dan suaminya Guntoro Kurniawan. Pasangan suami istri tersebut kemudian melanjutkan bisnis kedai es krim Ragusa dari duo bersaudara asal Italia itu.

Ragusa hingga saat ini hanya memiliki satu toko yang berlokasi di Jalan Veteran I Nomor 10, Gambir, Jakarta Pusat. Jika kamu berencana untuk berkunjung, Ragusa beroperasi setiap hari dari jam 09.30 WIB sampai 23.00 WIB.

Adapun beberapa menu andalannya adalah Chocolate Sundae, Tutti Frutti, Cassata Siciliana, Banana Split, dan Spagheti Ice Cream. Harga es krim Ragusa ini juga cukup terjangkau, mulai dari Rp 15.000-Rp 35.000.

2. Baltic

Es krim Baltic (Sumber foto: Instagram @icecreambaltic)

Tak hanya Ragusa, Jakarta ternyata juga punya kedai es krim tertua lainnya yaitu Baltic. Kedai es krim ini sudah berdiri sejak tahun 1939. Baltic kini berlokasi di Jalan Kramat Raya Nomor 12, Jakarta Pusat.

Bahkan, toko es krim legendaris ini juga telah berinovasi mengikuti zaman dengan menghadirkan tampilan yang lebih modern. Toko es krim Baltic punya beragam menu yang siap manjakan lidahmu, mulai dari cokelat, vanilla, stroberi, sampai rasa masa kini pun juga tersedia, seperti green tea, peppermint tea, dan aneka buah tropis.

3. Tjanang

Kawasan Jakarta Pusat sepertinya punya banyak toko es krim legendaris yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya kamu bisa coba ke kedai Tjanang Ice Cream. Toko es krim ini juga sudah berdiri cukup lama, yaitu sejak 1951. Toko es krim ini didirikan oleh Lim Sim Fie di daerah Cikini, Jakarta Pusat.

Pendiri toko es krim Tjanang ini merupakan seorang imigran dari Tiongkok yang mendarat di Jakarta pada 1940. Sebelum membuat kedai es krim, kegiatan Lim Sim Fie hanya membantu menjaga toko kelontong milik kakaknya.

Di samping itu, Tjanang juga pernah menjadi salah satu es krim favorit Bapak Presiden Soekarno. Dirinya sering memesan es krim buatan Tjanang untuk dinikmati bersama keluarganya.

Tak hanya itu, Bung Karno juga pernah menyuguhkan es krim Tjanang kepada peserta Ganefo (Games of the New Emerging Forces), atau olimpiade yang dicanangkan oleh Pak Presiden di Jakarta pada 1963.

Toko es krim yang juga dikenal dengan nama Tjan Njan ini berlokasi di Hotel Cikini, Jakarta Pusat. Harga dari es krim Tjanang dibanderol dari Rp 15.000 hingga Rp 85.000, tergantung ukuran cup. Es krim Tjanang memiliki beragam pilihan varian rasa, seperti kopyor, malaga, kacang ijo, durian, alpukat, tape ketan, dan masih banyak lagi.

4. Tropik

Toko es krim legendaris yang ada di Jakarta berikutnya adalah Tropik. Toko es krim ini berdiri sejak tahun 1950-an yang berlokasi di Pasar Baru, Jakarta Pusat. Es krim Tropik ini adalah es krim yang diolah sendiri oleh pemiliknya.

Tropik memiliki 16 pilihan menu es krim dengan kisaran harga mulai dari Rp 23.000 sampai Rp 47.000. Untuk harga yang paling murah, kamu bisa mendapatkan es krim rasa susu dan teh hijau. Sedangkan yang paling mahal ada di varian es krim rasa buah dan rasa pisang.

Tak hanya es krim, Tropik juga menyediakan segelas air putih untuk setiap pemesanan es krimnya. Ada satu hal yang menarik, di Tropik kamu tidak hanya bisa menikmati es krim saja, tetapi ada juga menu makanan yang bisa kamu pesan, seperti mie ayam dan gado-gado. Bahkan, ada juga aneka jus buah dengan harga mulai dari Rp 18.000 – Rp 24.000.

Lokasi kedai es krim dan restoran Tropik ini berada di antara bangunan Sushila Hijab and Accessories dan Bombay Textile, yang juga berhadapan langsung dengan Tonnico Textile Tailor. Tropik buka setiap hari mulai pukul 10.30-20.00 WIB. Untuk hari Minggu hanya buka sampai jam 16.00 WIB.

Jadi, toko es krim mana yang akan kamu kunjungi hari ini?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

One thought on “Rekomendasi 4 Es Krim Legendaris di Jakarta yang Cocok Buat Melepas Penat