Rekomendasi Lima Film Lokal untuk Rayakan HUT Kemerdekaan Indonesia

Mulai dari Kartini sampai Soekarno, ini rekomendasi film untukmu!

48
Kadet 1947

Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 cuma tinggal menghitung menit! Begitu banyak pencapaian yang telah diraih oleh negeri ini, dirintis oleh tokoh-tokoh yang menoreh sejarah dengan kiprahnya masing-masing. Perjuangan mereka di zaman dahulu untuk menaklukkan penjajahan sepantasnya membuat kita tergerak mengisi peringatan hari kemerdekaan dengan berarti.

Nah, supaya jiwa nasionalisme kita makin bergelora dalam menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, yuk simak lima rekomendasi film bertema kebangsaan berikut:

Buya Hamka

Film biografi dari sutradara Fajar Bustomi ini mengangkat kisah cendekiawan muslim ternama Buya Hamka (diperankan oleh Vino G. Bastian) mulai dari asal-usulnya yang sederhana di Sumatra Barat hingga pencapaian politiknya.

Babak demi babak kisah hidupnya dipaparkan, antara lain menjadi tokoh utama penggerak organisasi Muhammadiyah, menjalani karier di bidang jurnalistik, hingga terlibat dalam proses politik di masa genting untuk mengakhiri penjajahan.

Film ini turut menampilkan deretan aktor ternama seperti Laudya Cynthia Bella, Donny Damara, Teuku Rifku Wikana, Verdi Solaiman, Marthino Lio, Reza Rahadian, hingga Mathias Muchus.

Soekarno

film Soekarno
Soekarno

Dimulai dari kisah Soekarno muda di tahun 1920-an, drama biografi tentang presiden pertama Indonesia ini mengangkat perjuangan nasionalismenya dalam merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Belanda dan Jepang yang membuat ia berkali-kali mendekam dalam penjara dan pengasingan.

Film ini disutradarai Hanung Bramantyo dan dibintangi antara lain oleh Ario Bayu sebagai Soekarno, Lukman Sardi, serta Maudy Koesnaedi. Soekarno meraih 13 nominasi dalam Festival Film Indonesia 2014 dan berhasil mendapatkan empat Piala Citra.

Kadet 1947

Berlatar waktu setelah Perang Dunia II, sekelompok pemuda Angkatan Udara Indonesia menjalani misi rahasia melancarkan serangan udara untuk pertama kalinya kepada tentara Belanda di Semarang, Salatiga, dan Ambarawa.

Diangkat dari kisah nyata, film Kadet 1947 meraih tujuh nominasi dalam Festival Film Indonesia 2022 dan mendapatkan Piala Citra untuk Penata Rias Terbaik serta dinobatkan sebagai Film Terbaik dalam JAFF Indonesian Screen Awards 2021.

Kartini

film Kartini
Kartini

Kartini bercerita mengenai seorang perempuan muda yang berjuang melawan tradisi dan berusaha sekuat tenaga meningkatkan akses pendidikan perempuan di awal tahun 1900-an. Dengan tokoh emansipasi perempuan Indonesia sebagai karakter utama, Kartini memimpin perolehan nominasi FFI 2017 dalam 14 kategori, termasuk Film Terbaik.

Film karya Hanung Bramantyo ini menampilkan sederet aktris ternama seperti Dian Sastrowardoyo, Acha Septriasa, Ayushita, dan Adinia Wirasti.

Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta

Pada abad ke-17, raja ketiga Kerajaan Mataram yaitu Sultan Agung Mataram harus menghadapi permasalahan hati sekaligus memimpin rakyatnya melewati pergolakan di kepulauan Indonesia. Dalam upayanya menyatukan adipati-adipati di tanah Jawa yang tercerai-berai oleh politik VOC, sang sultan yang gagah berani juga harus berhadapan dengan berbagai pengkhianatan dan tetap melindungi rakyatnya.

Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta menampilkan performa solid para aktornya seperti Ario Bayu, Adinia Wirasti, Putri Marino, Marthino Lio, dan Teuku Rifnu Wikana.

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.