Uh-Oh, Mercury Retrograde Kembali! Ini Tips Buat Menghadapinya

Welcome to the most challenging moment of the year!

98
mercury retrograde merkurius

We all know it, and we definitely don’t like it: Mercury Retrograde. Fenomena transit astrologi ini belakangan sedang populer, dan banyak berseliweran di media sosial sebagai meme – yang isinya biasanya menyangkut pautkan problem yang dihadapi dalam keseharian dengan fenomena astrologi tersebut.

Buat kamu yang belakangan ini tiba-tiba saja dihadapkan dengan tantangan saat sedang menyelesaikan sebuah pekerjaan di kantor (laptop tiba-tiba mati ketika sedang presentasi penting di kantor?), atau kesulitan hidup dalam keseharian yang biasanya tak pernah terjadi (dompet yang tiba-tiba hilang, misalnya?), mungkin semesta memang sedang tidak berpihak padamu karena adanya Mercury Retrograde. Mungkin juga tidak. Well, who knows?

via GIPHY

Entah Mercury Retrograde benar-benar mempengaruhi hidupmu atau tidak, buckle up, karena tahun ini akan ada tiga Mercury Retrograde. Melansir dari refinery29.com, Lisa Stardust, astrologer dan penulis The Love Deck, menulis bahwa seluruh Mercury Retrograde di 2023 semuanya terjadi di bawah pengaruh zodiak berelemen tanah.

Mercury Retrograde tahun ini adalah soal menemukan tips yang tepat untuk bisa menabung dan menerima keadaan diri apa adanya,” ujarnya. “Ini juga momen terbaik untuk keluar dari zona nyaman dan merangkul ide-ide segar. Saatnya untuk bergerak maju dan menginvestasikan kreativitas serta uangmu supaya bisa terus berkembang.”

Yang juga perlu jadi catatan, hubungan cinta akan jadi hal penting selama Mercury Retrograde ini. Pasalnya, hubungan cinta dan keuangan merupakan area utama zodiak Taurus. Menurut Lisa, ini akan menjadi masa-masa paling penting untuk menentukan dengan siapa kita akan menghabiskan waktu di hari tuan anti, dan apa yang kita inginkan sebagai pasangan. “Jika ada seseorang di luar sana yang mendorongmu menjadi pribadi yang lebih baik, atau membuatmu bahagia, lupakan soal jual mahal dan ambil langkah berani,” ujar Lisa.

Stephanie Campos, peramal dan penulis Seasons of the Zodiac: Love, Magick, and Manifestation Throughout the Astrological Year, pun setuju. Dalam hal cinta, Stephanie mengatakan kita mungkin perlu melirik kembali hubungan yang saat ini sedang kita jalin. Apakah benar si dia adalah pasangan hidup yang kamu cari, atau adakah percakapan yang perlu dilakukan sebelum kamu benar-benar melangkah ke arah yang lebih serius? Intinya, “Perlu ada waktu berduaan untuk menjawab kegalauan hati dan pertanyaan-pertanyaan soal hubungan cinta kalian,” jelas Stephanie.

Mercury
Merkurius / NASA

Selain itu, berhati-hatilah dengan “keadaan” dompetmu. “Apa pun yang kamu beli saat kamu sedang kesal dengan pasanganmu atau karena masalah di kantor hanya akan membuatmu kecewa,” katanya. “Secara umum, keuangan kita juga sedang tidak baik. Mercury retrograde di Taurus membuat kita perlu menyesuaikan kembali bujet kita di berbagai sisi,” tambah Stephanie.

“Di satu sisi, mantan akan kembali menghantui, di sisi lain, emosimu jadi lebih mudah meledak, dan di sisi lainnya lagi, kamu harus mulai menabung dan mengawasi pengeluaran,” tambah Lisa. Jelas sekali Ini bukan waktu untuk bersenang-senang, jadi kalau kamu berencana untuk belanja atau masuk ke “lumpur hisap” dengan menghubungi mantan, simpan pikiran tersebut untuk lain waktu.

Untuk Mercury Retrograde pertama di tahun 2023 ini, sang planet komunikasi mengalami retrograde mulai 21 April hingga 14 Mei di rasi Taurus. Pre-retrograde shadow sudah dimulai dari tanggal 7 April, dan post-retrograde shadow berakhir pada 31 Mei mendatang.

Masalah-masalah yang biasa muncul saat Mercury Retrograde — seperti problem saat menggunakan teknologi, pesan e-mail yang lupa dibalas, atau salah paham saat membalas pesan pasangan — akan cukup intens terjadi selama awal retrograde.

via GIPHY

“Hal ini disebabkan Merkurius terlihat seakan bergerak mundur atau istilahnya retrograde saat terhubung dengan Uranus, sang Planet Listrik,” kata Narayana Montúfar, astrolog senior untuk Astrology.com dan penulis Moon Signs: Unlock Your Inner Luminary Power. “Fakta bahwa retrograde kali ini tumpang tindih dengan musim gerhana pertama di tahun 2023 akan membuatnya lebih menyebalkan,” ujar Narayana.

“Sisi positifnya, kombinasi ini dapat membantu kita menemukan solusi untuk masalah lama.” Yup, meskipun retrograde biasanya membawa kita pada perjalanan yang cukup bumpy dan penuh tantangan, tetap ada sisi positif yang bisa kita petik.

“Kesamaan yang dimiliki oleh musim retrograde dan gerhana Merkurius adalah bahwa keduanya sangat transformatif, sehingga harapannya adalah kita bisa berharap menjadi pribadi yang lebih baik usai retrograde ini berakhir. Seakan semesta memberimu kesempatan untuk berkembang setelah menghadapi situasi negatif.”

Mercury retrograde
Merkurius / NASA

Namun, untuk bisa benar-benar berkembang, kamu perlu bersikap fleksibel. “Taurus adalah zodiak yang sangat keras kepala dan seringkali menolak perubahan, sedangkan Merkurius adalah soal perubahan,” kata Iva Naskova, astrolog di aplikasi Nebula.

“Oleh karena itu, pada periode ini kamu harus bersiap dan berjuang untuk tidak terus berada di zona nyaman selagi menantang diri untuk bergerak maju dan mencoba hal baru,” tambah Iva. Kamu mungkin merasa kurang nyaman selama retrograde ini, tetapi jangan biarkan hal itu membuatmu frustrasi. Sekali lagi, fleksibilitas adalah kuncinya, jadi ikuti arus, roll with the punches, dan kamu akan selamat menghadapi retrograde ini. Sampai bertemu lagi saat retrograde usai di tanggal 14 Mei mendatang. Ciao!

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.