7 Jenis Sate Khas Indonesia Beserta Daerahnya yang Perlu Kamu Tahu

Iconic: “Pesan sate seratus tusuk.”

115
Sate Khas Indonesia

Sate. Kuliner olahan daging yang satu ini memang banyak disukai orang. Di Indonesia sendiri, kuliner ini hadir dalam banyak sekali variasi dengan cita rasa yang beragam. Bahkan, sate menjadi makanan khas yang ikonik bagi beberapa daerah tertentu di Indonesia.

Nah, buat kamu penggemar sate, berikut ini beberapa jenis sate yang ada di Indonesia.

1. Sate Ayam Madura

Sate Khas Indonesia
Sate Ayam/caramembuat.id

Jenis sate ini sangat khas di Indonesia karena dikenal menggunakan ayam. Kamu pasti sudah enggak asing dengan sate yang berasal dari Madura, Jawa Timur, ini karena banyak dijual di berbagai kaki lima.

Sate ayam biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang kaya rempah, ditambah dengan irisan bawang merah dan lontong serta perasan jeruk nipis di atasnya.

2. Sate Maranggi

Sate Khas Indonesia
Sate Maranggi/masakapahariini.com

Sate yang berasal dari Purwakarta, Jawa Barat, ini terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis dan dilumuri bambu khas seperti kecap manis, bawang putih, dan merica. Kemudian, daging ditusuk dengan bambu atau lidi dan dipanggang sampai matang.

Biasanya, sate Maranggi ini dinikmati dengan nasi, lalapan segar seperti mentimun dan tomat.

3. Sate Padang

Sate Khas Indonesia
Sate Padang/agendaindonesia.com

Seperti namanya, Sate Padang berasal dari Kota Padang, Sumatra Barat. Sate jenis ini menggunakan daging sapi yang dipotong tipis dan ditusuk menggunakan lidi. Lalu, daging direndam dalam kuah khas bumbu Padang yang pedas dan kaya rempah, yang biasanya terbuat dari bumbu rendang.

Sate Padang umumnya dihidangkan dengan kuah rendang, nasi, dan dilengkapi dengan irisan ketupat, lontong, atau roti canai.

4. Sate Lilit Bali

Sate Khas Indonesia
Sate Lilit Bali/kepo.co

Sate khas Bali ini biasanya menggunakan daging ikan yang dihaluskan dan dicampur dengan bumbu rempah seperti bawang putih, jahe, serai, kemiri, dan terasi. Campuran bumbu dan daging kemudian dililitkan pada tusukan dari serai, lalu dipanggang hingga matang.

Biasanya, Sate Lilit Bali disajikan dengan nasi putih, sambal matah, dan sayuran seperti plecing kangkung.

5. Sate Klatak

Sate Khas Indonesia
Sate Klatak/blog.sayurbox.com

Sate Klatak merupakan salah satu jenis sate yang berasal dari Yogyakarta. Nama sate yang khas ini berasal dari suara percikan api ketika daging sate tersebut dipanggang.

Sate klatak dibuat menggunakan potongan daging sapi yang dipanggang dengan bara api terbuka dengan menggunakan tusuk sate bambu. Biasanya daging yang digunakan adalah bagian sapi yang punya serat yang cukup banyak, seperti paha atau daging bagian dalam.

Proses pemanggangannya dengan api yang terbuka memberikan rasa smokey yang khas pada sate ini. Yang membedakan Sate Klatak dengan sate pada umumnya adalah cara penyajiannya. Sate Klatak disajikan dalam kondisi setengah matang.

Selain itu, sate ini juga diberi taburan bumbu khusus seperti serbuk merica, garam, dan kecap manis.

6. Sate Kere

Sate Khas Indonesia
Sate Kere/tasteatlas.com

Sate Kere adalah makanan khas Indonesia yang terkenal dengan harga yang terjangkau dan menjadi favorit banyak orang.

Dalam Bahasa Jawa, “Kere” artinya miskin atau enggak punya banyak uang, dan Sate Kere awalnya dikenal sebagai makanan yang cocok bagi mereka yang memiliki bujet terbatas.

Sate Kere terdiri dari potongan-potongan daging, seperti daging ayam atau jeroan (hati, usus) yang ditusuk pada bambu atau tusuk sate, lalu dipanggang di atas arang.

Dikenal dengan harga yang terjangkau dan cita rasa yang khas, Sate Kere merupakan salah satu contoh makanan Indonesia yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia yang beragam.

7. Sate Tegal

Sate Khas Indonesia
Sate Tegal/reseppedia.com

Berasal dari Tegal, Jawa Tengah, Sate Tegal menggunakan daging sapi yang dipotong kecil-kecil, ditusuk dengan tusukan bambu, dan dipanggang dengan api arang.

Makanan khas Jawa Tengah ini biasanya dihidangkan dengan bumbu kacang yang manis dan sedikit pedas, lontong, tauge, dan irisan ketimun.

Itu dia beberapa jenis sate khas Indonesia beserta penjelasan asal daerahnya. Jadi, apa sate favoritmu?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Related Post