Deretan Nasi Goreng Khas Berbagai Daerah di Indonesia, Ada yang Berkuah, Lho!

Ada juga yang memasukkan usus sebagai isian, unik!

213

Selain rendang, nasi goreng juga menjadi makanan yang termasuk ke dalam deretan makanan populer khas Indonesia. Nasi goreng juga seringkali menjadi makanan rekomendasi pada orang asing yang berkunjung ke tanah air.

Makanya enggak heran, kalau nasi goreng sangat dikenal luas, baik bagi penggemarnya di dalam negeri dan juga luar negeri. Bahkan, baru-baru ini nasi goreng juga masuk ke dalam daftar 20 hidangan nasi terenak di dunia versi CNN Travel, lho!

Well, karena kepopulerannya dan kamu bisa menemukan nasi goreng di mana saja, ternyata beberapa daerah di Nusantara juga memiliki nasi goreng khasnya masing-masing, gengs. Wah, dari daerah mana saja, ya? Ini dia penjelasannya, gengs!

1. Nasi Goreng Mawut atau Magelangan, Magelang

Nasi Goreng Mawut atau Magelangan/Via: Shutterstock

Nasi goreng mawut atau magelangan berasal dari daerah Magelang, Jawa Tengah. Enggak beda jauh dari nasi goreng pada umumnya, nasi goreng ini punya ciri khas tersendiri dengan kombinasi mi dan juga berbagai topping lain seperti bakso, sosis, ayam, dan lain-lain.

Lucunya, karena banyaknya topping dan campuran mi di dalam nasi goreng yang membuat tampilannya cukup berantakan, maka hidangan ini dinamakan nasi goreng mawut.

Namun biasanya, kalau kamu makan di daerah Magelang langsung, nasi goreng mawut juga dilengkapi dengan mi basah dengan campuran balungan (tulang ayam).

2. Nasi Goreng Merah, Makassar

Nasi Goreng Merah/Via: Shutterstock

Nasi goreng merah khas Makassar memang memiliki perbedaan yang cukup khas dari perbedaan warnanya dengan nasi goreng pada umumnya. Kalau kamu penasaran, warna merah dari nasi goreng ini berasal dari saus tomat yang dimasak dalam waktu 8 jam sehingga warna merahnya sangat menyala.

Meski warnanya merah menyala, namun rasa nasi goreng ini enggak terlalu pedas, melainkan memiliki rasa manis dan gurih yang cukup dominan.

Nasi goreng merah juga memiliki topping yang cukup menarik yakni terdiri dari seafood dan jeruk nipis sehingga memiliki sensasi rasa segar.

3. Nasi Goreng Padang

Nasi Goreng Padang/Via: Topwisata

Sama seperti makanan khas Padang yang lainnya, nasi goreng Padang juga memiliki cita rasa yang kaya rempah dan juga cenderung pedas karena enggak menggunakan kecap.

Kalau nasi goreng merah khas Makassar diolah menggunakan saus tomat, maka lain halnya nasi goreng Padang yang cenderung berwarna merah karena hasil olahan dari cabai merah, jadi rasanya juga jauh lebih pedas.

Kalau beberapa nasi goreng lain memiliki topping bakso atau sosis, nasi goreng Padang memiliki topping berupa potongan daging sapi atau kerbau yang digoreng kering. Lalu dilengkapi dengan kerupuk merah atau kerupuk padang.

4. Nasi Goreng Resek, Malang

Kota Malang memang menjadi salah satu kota yang memiliki banyak kuliner menarik, salah satunya yakni sego resek atau nasi goreng resek.

Dinamakan nasi goreng resek, karena nasi goreng ini memiliki berbagai campuran sayuran seperti kecambah, kol, mi, suwiran ayam dan juga usus ayam yang langsung dimasukkan bersama, sehingga seperti memiliki porsi yang cukup banyak.

Meski memiliki bahan yang cukup banyak, tapi nasi goreng resek memiliki cita rasa yang nikmat dan juga gurih, karena menggunakan kaldu ayam sebagai pengganti minyak.

5. Nasi Goreng Hitam, Surabaya

Nasi Goreng Hitam/Via: Shutterstock

Setelah nasi goreng merah, maka selanjutnya ada nasi goreng hitam yang berasal dari daerah Surabaya. Berwarna hitam karena berasal dari tinta cumi yang juga dicampur langsung dengan nasi goreng.

Perpaduan rasa cumi dengan bumbu nasi goreng memunculkan cita rasa yang unik dan juga gurih. Selain cumi, nasi goreng hitam juga memiliki topping petai atau telur goreng yang menambah cita rasa dari nasi goreng.

6. Nasi Goreng Aceh

Nasi Goreng Aceh/Via: Cookpad.com

Hampir sama dengan nasi goreng Padang, nasi goreng Aceh juga memiliki rasa rempah yang kuat dan juga wangi. Untuk isinya, biasanya terdapat daging sapi yang dicincang kotak atau hidangan laut seperti udang atau cumi. Ada juga pelengkap lainnya seperti kerupuk emping dan juga acar.

7. Nasi Goreng Kuah, Kediri

Dari beberapa nasi goreng di atas, ini yang sangat berbeda dan paling unik, gengs. Jika pada umumnya nasi goreng itu kering namun lain halnya dengan nasi goreng khas Kediri yang dihidangkan menggunakan kuah.

Meski cukup asing, tapi ternyata banyak masyarakat yang menyukai nasi goreng kuah ini apalagi ketika udara sedang dingin atau musim hujan, karena dapat memberikan rasa yang cukup hangat.

Nasi goreng kuah ini memiliki bahan atau bumbu yang sama dengan nasi goreng lainnya, tapi hanya disiram menggunakan kuah dari air kaldu ayam hangat yang sangat gurih.

8. Nasi Goreng Bali

Nasi Goreng Bali/Via: Shutterstock

Aneka nasi goreng lainnya yakni nasi goreng khas Bali yang juga dilengkapi dengan bumbu rempah yang segar. Di Bali sendiri, hidangan ini cukup populer karena rasa dari rempah yang sedap dan juga wangi.

Nasi goreng Bali biasanya dihidangkan dengan sate lilit khas Bali, selada dan juga sambal matah untuk meningkatkan cita rasa yang sedap.

Wah, ternyata ada banyak banget ragam khas nasi goreng di Indonesia ya, gengs! Sudah ada yang pernah kamu coba, belum? Komen di bawah, ya!