Ayo Ikuti Kelas Pelatihan Intensif Musikal Budaya dari Indonesia Kaya!

63

Indonesia Kaya mengumumkan dibukanya kembali program Ruang Kreatif Intensif Musikal Budaya (RK IMB), sebuah kelas pembelajaran musikal intensif gratis untuk 45 seniman panggung. Program ini menawarkan kurikulum yang menggabungkan disiplin teknik berstandar internasional dan muatan Nusantara, dengan menghadirkan para pengajar terbaik. Pendaftaran telah dibuka sejak 20 Juni hingga 21 Juli 2024, dan Indonesia Kaya mengundang seluruh seniman panggung untuk mendaftar.

RK IMB adalah program intensif yang mengintegrasikan tiga disiplin seni panggung: akting, musik, dan tari. Sejak 2019, Indonesia Kaya telah menyelenggarakan program serupa yang telah diikuti oleh 672 peminat seni dengan 70 peserta terpilih. Pada periode 2021-2022, program ini diperbarui dengan konsep hybrid yang intensif dengan limitasi 100 peserta.

“Program Ruang Kreatif Intensif Musikal Budaya dirancang bagi para seniman panggung yang berkeinginan untuk menjadi seniman profesional dan ingin segera menginjakkan kaki di industri seni pertunjukan musikal. Peserta akan dididik untuk meningkatkan kemampuan dasar mereka dalam akting, tari, dan vokal hingga mereka siap bersinar di industri seni. Muatan lokal yang disertakan bertujuan untuk menambah wawasan peserta tentang kebudayaan Indonesia, sejalan dengan komitmen kami untuk mendukung seni pertunjukan dari hulu ke hilir,” ujar Billy Gamaliel, Program Manager Indonesia Kaya.

Seluruh peserta akan mengikuti Kelas Persiapan untuk menyamaratakan kemampuan dasar mereka sebelum mendalami masing-masing materi di kelas term 1, term 2, dan term 3, yang berlangsung dari September 2024 hingga Mei 2025, secara gratis. Program ini diharapkan mampu melahirkan talenta-talenta seni baru yang akan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Setiap kelas akan dibawakan oleh pengajar terbaik, termasuk Pasha Prakasa, seorang penampil, koreografer, dan sutradara yang dikenal melalui karya seperti Film Petualangan Sherina 2. Ufa Sofura juga akan mendampingi Pasha dalam membimbing seni tari, dengan pengalaman kolaborasi bersama seniman seperti Eko Supriyanto dan Didik Nini Thowok. Ayu Gurnitha, koreografer berprestasi lainnya, juga akan bergabung, dengan karya seperti Musikal Keluarga Cemara dan Film Petualangan Sherina 2.

Pada bidang vokal, Andrea Miranda dari Purwa Caraka Music Studio, bersama vocal coach Dani Dumadi, akan memoles kemampuan vokal para peserta. Pengalaman mereka di bidang seni panggung sebagai pemain, vocal director, dan guru akan memperkaya skill peserta.

Venytha Yoshiantini dan Putri Indam Kamila akan mewarnai pembelajaran di bidang akting. Venytha memiliki pengalaman dengan Universal Studios Singapore, Trans Studio, dan Metro TV. Putri, yang pernah menjadi peserta IMB tahun 2019 dan mendapatkan beasiswa untuk pelatihan di New York, juga aktif dalam berbagai pertunjukan dan film seperti Musikal Keluarga Cemara dan Serial Musikal Nurbaya.

“Ruang Kreatif Intensif Musikal Budaya adalah kesempatan emas bagi seniman muda untuk membentangkan sayap di industri pertunjukan musikal. Dengan kurikulum berstandar internasional yang digabung dengan muatan Nusantara, kami percaya perpaduan ini akan membentuk dan mematangkan skill set peserta yang dibutuhkan di panggung-panggung musikal saat ini,” ujar Pasha Prakasa.

Calon peserta yang tertarik mengikuti program RK IMB dapat melakukan registrasi dengan membuat video audisi sesuai ketentuan dan mengisi formulir pendaftaran. Informasi lebih lanjut mengenai registrasi, periode pendaftaran, panduan video audisi, dan persyaratan dapat diakses melalui www.indonesiakaya.com/ruangkreatifimb.

Siapa yang bisa mendaftar?

  • Berusia 16-30 tahun di bulan September 2024
  • Mampu berbahasa Inggris dengan baik
  • Memiliki kemampuan dasar menari (jenis tarian bebas)
  • Memiliki komitmen mengikuti program selama 8-10 bulan
  • Lebih baik jika memiliki kemampuan sight reading/prima vista

Apa yang akan kamu dapatkan?

  • Pelatihan intensif dari pengajar terbaik di bidangnya, seperti Pasha Prakasa, Ufa Sofura, Ayu Gurnitha, Andrea Miranda, Dani Dumadi, Venytha Yoshiantini, dan Putri Indam Kamila
  • Kurikulum berstandar internasional yang digabungkan dengan muatan Nusantara
  • Kesempatan untuk tampil di panggung nasional dan internasional
  • Koneksi dengan para profesional di industri seni pertunjukan

Bagaimana cara mendaftar?

  • Pendaftaran dibuka dari 20 Juni – 21 Juli 2024
  • Buat video audisi sesuai ketentuan
  • Isi formulir pendaftaran di www.indonesiakaya.com/ruangkreatifimb
  • Batas akhir pendaftaran 21 Juli 2024

Informasi lebih lanjut: