Bangga! Tim Robot Indonesia Ikuti Kompetisi Kelas Internasional di Swiss

Sebanyak 30 anggota Tim Robot Indonesia R2045 akan berkompetisi merakit robot dalam acara First Global Challenge (FGC) 2022 di Jenewa, Swiss.

259
0
Tim Robot Indonesia

Sebanyak 30 anggota Tim Robot Indonesia R2045 akan berkompetisi merakit robot dalam acara First Global Challenge (FGC) 2022 di Jenewa, Swiss, pada tanggal 13-16 Oktober 2022 mendatang. Kompetisi ini menjadi ajang terbesar di dunia yang memiliki beragam tema yang berfokus pada tantangan dunia.

Dalam pelaksanaan FGC tahun ini, Tim Robot Indonesia akan berkompetisi pada sebuah gim dengan tema “Carbon Capture“, yaitu tantangan dunia dalam proses pembersihan CO2 akibat jejak karbon. Ini menjadi kali kelima Tim Robot Indonesia R2045 berpartisipasi dalam ajang Internasional FGC.

Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mengapresiasi dan memberi dukungan kepada 30 anak muda ini.

“Kita patut mengapresiasi prestasi dan memberikan dukungan sebesar-besarnya untuk mereka berkompetisi dalam First Global Challenge (FGC) 2022 di Jenewa, Swiss. Kita berharap mereka dapat menjadi juara dalam kompetisi bergengsi ini,” kata Sandiaga dalam keterangan pers, Senin (12/9/2022).

Salah satu peserta yang akan bertanding, Ghazy, mengungkapkan robot yang akan diperlombakan bernama Dryomatica. Nama robot ini diambil dari nama Drybalanops Aromatica yang merupakan spesies pohon kamper.

Nantinya, robot ini akan menjawab tantangan dalam proses pembersihan gas CO2 akibat carbon footprint. “Robot kita namanya Dryotica yang diambil dari Dryobalanops Aromatica, yitu suatu spesies pohon yang sudah hampir punah, yaitu pohon kamper,” kata Ghazy seperti dikutip dari Suara.com.

Sedang peserta lain yang juga berasal dari Indonesia mengatakan bahwa robotic menciptakan berbagai inovasi kreatif untuk anak muda. Selain itu, dengan robotic kamu juga bisa belajar banyak hal seperti fisika, matematika, bahkan sosial.

“Robotic memberikan peluang untuk anak-anak muda menciptakan berbagai inovasi baru yang kreatif,” kata Riza Wahono sebagai lead coach Tim Robot Indonesia R2045.

Dengan ikutnya anak-anak muda Indonesia yang berkompetisi di Swiss ini diharapkan dapat mengangkat Indonesia dalam revolusi 4.0. Hal ini juga menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia tidak kalah dengan negara lain dari sisi teknologi.

Selamat bertanding Tim Robot Indonesia G2045! Doa terbaik dari seluruh rakyat Indonesia untuk kesuksesan kalian.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *