Boarding Pass Manual Kereta Api Akan Digantikan dengan Sistem Face Recognition

PT Kereta Api Indonesia (KAI) saat ini sedang melakukan uji coba fasilitas terbaru Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Bandung.

254
0

PT Kereta Api Indonesia (KAI) saat ini sedang melakukan uji coba fasilitas terbaru Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Bandung. Hadirnya fasilitas ini memiliki tujuan untuk mempermudah pelanggan KA jarak jauh yang ingin naik kereta api tanpa perlu repot menunjukkan berbagai dokumen boarding pass fisik, boarding pass, KTP, ataupun dokumen vaksinasi.

Dilansir dari laman kai.id, VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan KAI tengah mengujicobakan fasilitas Face Recognition Boarding Gate ini dalam rangka memastikan dan menyempurnakan layanan terbaru dari KAI. Ditargetkan pada awal tahun 2023 nanti, layanan ini sudah bisa diterapkan di seluruh stasiun KA jarak jauh di berbagai daerah.

Face Recognition Boarding Gate adalah fasilitas layanan boarding yang dilengkapi dengan kamera yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan memvalidasi seseorang melalui wajah dan datanya sudah diintegrasikan dengan data tiket kereta yang dimiliki sampai dengan status vaksinasi calon penumpang.

Untuk bisa menikmati fasilitas ini, pelanggan harus melakukan satu kali registrasi di awal yang berlaku untuk selamanya. Cara registrasinya juga sangat mudah, hanya dengan menempelkan e-KTP pada alat e-KTP Reader yang ada kemudian kamu akan diarahkan untuk menempelkan jari telunjuk kanan atau kiri pada pemindai yang ada di e-KTP reader.

Jika registrasi sudah dilakukan, maka penumpang langsung diarahkan menuju Face Recognition jika waktu keberangkatan sudah dekat. Kamu tinggal mengarahkan wajah ke mesin pemindai dan jika semua data sudah sesuai, maka gate atau pintu akan otomatis terbuka.

โ€œCukup 1 detik waktu yang dibutuhkan untuk memastikan wajah pelanggan dan proses verifikasi seluruh data yang tersimpan di sistem KAI. Hal tersebut akan sangat mempermudah pelanggan dan memperlancar antrean proses boarding,โ€ kata Joni Martinus dalam press release di website kai.id.

Fasilitas baru dari Kereta Api Indonesia ini diharapkan bisa mempermudah pelanggan dengan segala kelebihan yang ada di dalamnya.

โ€œPenerapan Face Recognition Gate diharapkan semakin mempermudah pelanggan dalam melakukan perjalanan. Karena proses boarding yang jauh lebih cepat dan praktis, akan membuat pelanggan menjadi lebih nyaman dalam menikmati seluruh proses perjalanan menggunakan kereta api,โ€ tegas Joni.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *