Cetak Sejarah Baru! Uruguay Juara Piala Dunia U-20, Ini Fakta Menariknya

Proses tidak mengkhianati hasil ya, congrats Uruguay!

443
Piala Dunia U-20

Timnas Uruguay menjadi juara Piala Dunia U-20 2023 setelah mengalahkan Timnas Italia di partai puncak yang berlangsung di Stadion La Plata, Argentina, Senin (12/6) dini hari Waktu Indonesia Bagian Barat.

Pertandingan Uruguay U-20 vs Italia U-20 berakhir dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal kemenangan Uruguay dicetak oleh Luciano Rodriguez pada menit ke-86.

Kemenangan ini mengantarkan Uruguay mengukir sejarah untuk pertama kali menjuarai Piala Dunia U-20 setelah tiga kali menembus final ajang bergengsi tersebut.

Dua penampilan Uruguay U-20 di partai puncak Piala Dunia U-20 terjadi pada tahun 1997 yang juga melawan Argentina dan pada 2013 saat menghadapi Prancis. Namun, Uruguay menjadi runner up pada dua laga tersebut.

Sementara itu, Timnas Israel U-20 mengakhiri Piala Dunia U-20 2023 dengan catatan yang tak buruk, mereka berhasil finish di posisi ketiga usai mengalahkan Korea Selatan dengan skor 3-1.

Fakta Unik Tentang Uruguay di Piala Dunia U-20

Ada beberapa fakta unik tentang peraih Piala Dunia U-20, Timnas Uruguay di partai puncak. Satu hal yang menarik dari tim ini adalah mereka hanya kebobolan tiga gol selama turnamen berlangsung. Menariknya, gol tersebut terjadi hanya dari satu pertandingan saja.

Momennya terjadi pada saat laga kedua fase grup bertemu dengan Inggris. Uruguay U-20 terpaksa kalah 2-3 saat itu dari Inggris.

Hal ini juga mengartikan bahwa enam pertandingan Uruguay lainnya berakhir tanpa adanya satu gol pun ke gawang mereka. Rekor yang sangat luar biasa bagi Anderson Duarte beserta kawan-kawannya.

Timnas Uruguay U-20 juga ternyata biasa saja kalau urusan mencetak gol. Dari 12 gol yang tercipta di tujuh pertandingan, rentang waktu mereka mencetak gol ternyata kebanyakan di babak kedua.

Mereka hanya berhasil mencetak 2 gol di babak pertama selama turnamen Piala Dunia U-20, sisanya 10 gol mereka kukuhkan di babak kedua.

Daftar Penerima Penghargaan Piala Dunia U-20

Meski hanya berada di posisi kedua, namun beberapa pemain Timnas Italia U-20 berhasil menyabet gelar pribadi di turnamen Piala Dunia U-20. Cesare Casadei menjadi peraih Golden Boot alias sepatu emas berkat keberhasilannya dengan torehan 7 gol.

Baca juga: “FIFA Umumkan Lagu “Glorious” dari Weird Genius Soundtrack Resmi Piala Dunia U20 2023

Gol milik Cesare Casadei dicetak saat melawan Brasil (2 gol) dan Republik Dominika (2 gol) pada babak penyisihan grup. Tiga gol lainnya dicetak oleh pemain Chelsea itu saat menghadapi Inggris, Kolumbia, dan Korea Selatan.

Berikut Oppal berikan daftar penerima penghargaan Piala Dunia U-20 2023:

Golden Ball Award: Cesare Casadei (Italia)

Golden Boot Award: Cesare Casadei (Italia)

Golden Glove Award: Sebastiano Desplanches (Italia)

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Editor's Pick