Dimulai Hari Ini, Apa Saja Agenda Pertemuan KTT ASEAN ke-42?

KTT ASEAN ke-42 ini dihadiri oleh pemimpin negara dari 11 anggota ASEAN.

58
KTT ASEAN

Rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, akan dimulai pada hari ini, Rabu, 10 Mei 2023. Seluruh rangkaian agenda KTT ASEAN ke-42 akan dihadiri oleh pemimpin kepala negara atau kepala pemerintahan negara-negara ASEAN, termasuk Timor Leste yang juga merupakan anggota ke-11 ASEAN dengan status observer sesuai dengan hasil KTT ke-40 dan ke-41 di Kamboja.

Pertemuan pemimpin negara ASEAN ini akan membahas isu-isu internal ASEAN serta isu-isu penting di kawasan dan di luar kawasan. Sementara, nanti akan ada KTT ke-43 yang direncanakan diselenggarakan di Jakarta pada September mendatang.

Acara ini juga akan dihadiri oleh Negara Mitra ASEAN. KTT ASEAN ke-43 akan membahas perkembangan dan penguatan kerja sama ASEAN dengan mitra eksternal.

Agenda KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo

10 Mei 2023

Pemimpin negara ASEAN dijadwalkan akan tiba di Hotel Meurorah untuk menghadiri pembukaan KTT ASEAN ke-42. Usai itu, agenda akan dilanjutkan dengan pertemuan para pemimpin negara dengan ASEAN Interparlimentary Assembly (AIPA).

Tiga agenda berikutnya masih akan berlanjut di lokasi yang sama, yaitu pertemuan para pemimpin ASEAN dengan ASEAN Youth, ASEAN Business Advosory Council, dan High-Level Task Force on ASEAN Community Post-2025 Vision.

Seperti diketahui, Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya akan melaksanakan Masyarakat Ekonomi ASEAN pada tahun 2025.

Pada malam harinya di tanggal 10 Mei 2023, Presiden Joko Widodo akan menjamu para pemimpin ASEAN beserta dengan tamu delegasi untuk makan malam bersama di Hotel Ayana Komodo Waecicu Beach.

Selain dari masakan Nusantara, para tamu KTT ASEAN juga akan disuguhkan oleh berbagai macam pagelaran budaya Indonesia.

11 Mei 2023

Pada hari kedua pelaksanaan KTT ASEAN ke-42, agenda ASEAN Summit kembali digelar di Hotel Meurorah. Setelahnya, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menghadiri pertemuan Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle atau IMT-GT.

Sekadar informasi, IMT-GT ini adalah pertemuan yang memiliki tujuan meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah perbatasan tiga negara.

Lalu, Presiden Joko Widodo akan menutup rangkaian KTT ASEAN ke-42 dengan melakukan konferensi pers kepada wartawan nasional dan internasional yang ada di Hotel Bintang Flores.

Baca juga: “Jadi Tempat KTT ASEAN 2023, ITDC Jelaskan Golo Mori Keindahan Alam Layaknya Lukisan Hidup

Hotel ini merupakan lokasi media center bagi ratusan wartawan dari berbagai media yang sudah terverifikasi oleh Kominfo.

Semoga pertemuan-pertemuan ini bisa membawa negara anggota ASEAN lebih baik lagi ke depannya ya, gengs.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Related Post