Gede Banget! Pesawat Antonov 124 Mendarat di Bandara Kertajati Jawa Barat

Hal ini juga membuktikan Bandara Kertajati mampu disinggahi pesawat berukuran jumbo.

298
Ilustrasi pesawat Antonov

Salah satu pesawat kargo terbesar di dunia buatan Ukraina, Antonov 124-100, mendarat dan membongkar muatannya di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Rabu (22/3).

Ini menjadi pertama kalinya dalam sejarah pesawat kargo terbesar di dunia mendarat di Bandara Kertajati. Pesawat berukuran super besar ini membawa muatan mesin pendingin dari Amerika Serikat (AS). Lewat akun Instagram resmi Bandara Kertajati (@infobijb), pesawat ini mendarat tepat pukul 14.41 WIB.

Sebelum mendarat di Majalengka, Antonov 124-100 ini sempat singgah di Bandara Nagoya, Jepang, untuk mengisi bahan bakar sebelum melanjutkan perjalanannya. Setelah membongkar muatannya, pesawat ini kemudian melanjutkan perjalanan dan take off sekitar pukul 18.12 WIB dari Bandara Kertajati.

Pihak Bandara Kertajati juga mengatakan dengan mendaratnya Antonov 124-100 ini membuktikan bahwa Bandara Kertajati mampu menjadi salah satu bandara penampung pesawat berbadan besar.

“Tentunya dengan mendaratnya pesawat kargo terbesar di dunia di Bandara Kertajati, menunjukkan bahwa Bandara Kertajati mampu untuk menampung pesawat berbadan lebar dan akan menjadi magnet ekonomi daerah,” ucap pengelola Bandara Kertajati dalam akun Instagram resminya @infobjib.

Spesifikasi Pesawat Antonov 124-100

Foto Pesawat Antonov/Shutterstock

Dilansir dari laman resmi Antonov, pesawat dengan kode 124-100 ini memiliki panjang 69,10 meter dan tinggi 21,08 meter. Untuk rentang sayapnya memiliki panjang 73,30 meter dan 26,28 meter untuk area sayap.

Pesawat raksasa Antonov 124-100 ini juga memiliki kecepatan hingga 800-850 kilometer per jam dan dapat menempuh jarak 15.700 kilometer.

via GIPHY

Antonov 124-100 juga dikabarkan bisa mengangkut beban hingga 150 ton. Pesawat ini dirancang untuk pengiriman kargo jarak jauh dan pengiriman kargo ukuran besar dan berat termasuk mesin, peralatan, dan pasukan.

Burung besi buatan Ukraina ini juga sudah beroperasi sejak 1986 dan saat ini sudah ada kurang lebih 55 pesawat AN 124-100.

Foto pesawat Antonov saat mengudara/Shutterstock

Struktur dari badan pesawat ini memiliki tata letak dek ganda. Kokpit, kompartemen awak bantuan, dan kabin penumpang dengan kapasitas 88 kursi berada di dek atas. Sementara di bagian dek bawah adalah ruangan kargo.

Pesawat AN 124-100 dilengkapi dengan sayap supercritical swept-back  yang relatif tebal untuk memberikan efisiensi aerodinamis yang tinggi dan jarak penerbangan yang jauh.

Foto Pesawat Antonov saat melakukan loading kargo/antonov.com

Pesawat ini juga dirancang dengan margin stabilitas statis yang cukup rendah. Struktur pesawat terbuat dari komposit yang membentuk 1.500 meter persegi dari luas permukaan, memberikan penghematan berat 2.000 kilogram.

Roda pesawat Antonov 124-100 memungkinkan digunakan untuk mendarat di medan yang kasar, berbeton, dan jalur yang tidak beraspal.

Peralatan Canggih yang Ada di Dalam Antonov 124-100

Di dalam pesawat besar ini, terdapat peralatan untuk melakukan misi pengangkutan udara dan para drop baik siang atau malam hari.

Selain itu, pesawat ini juga memiliki kontrol penerbangan dan sistem navigasi terintegrasi, fasilitas komunikasi serta peralatan penurunan dan penanganan kargo.

Foto Pesawat Antonov saat melakukan loading kargo/antonov.com

Setidaknya, ada 34 komputer yang berfungsi di pesawat AN 124-100. Dari banyaknya komputer ini, digabungkan menjadi empat sistem, yakni navigasi, pilot otomatis, remote control, dan monitoring.

Yang lebih menarik adalah ada dua cara memasukkan kargo ke dalam pesawat ini, bisa dari depan dan dari sisibelakang. Hidung pesawat adalah memiliki engsel, sehingga bisa ditarik ke atas. Di bagian belakang juga bisa dibuka.

Wahh, ini mah gokil banget cuy. Gede bangett!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.