Iqbaal Ramadhan Kembali Bermusik dengan Nama Panggung “BAALE”

Sebagai BAALE, Iqbaal ingin merilis album sebagai wadah untuk menceritakan banyak hal melalui musiknya.

22
BAALE

Musik rupanya tidak terpisahkan dari Iqbaal Ramadhan. Sempat vakum karena sibuk di bidang film dan juga fokus untuk menyelesaikan pendidikannya di Monash University, Melbourne, artis multitalenta kelahiran Surabaya, 28 Desember 1999, ini akhirnya kembali lagi ke dunia musik dengan memakai nama panggung BAALE.

Iqbaal merasa bahagia dapat kembali berkarya dalam musik tanpa banyak pikiran mengenai respon orang lain. Dengan nama panggung BAALE, ia ingin menciptakan karya yang mandiri dan jujur, serta menandakan perubahan dalam gaya musiknya. Pemilihan nama panggung BAALE rupanya memiliki makna tersendiri bagi Iqbaal. Menurutnya, BAALE akan menjadi sebuah channel atau output yang membuat ia bisa berkarya secara mandiri, independen, dan jujur.

Iqbaal mengakui bahwa ada banyak perubahan dalam gaya musiknya setelah vakum, termasuk genre, gaya bernyanyi, dan instrumen yang dimainkan. Sebagai BAALE, ia ingin merilis album sebagai wadah untuk menceritakan banyak hal melalui musiknya.

Menariknya, jika musisi lain merilis single terlebih dulu untuk melihat respon pasar sebelum melempar album, BAALE justru sebaliknya. Menurut Iqbaal, apa yang ingin ia sampaikan tidak bisa hanya lewat satu single saja, melainkan harus album panjang. Untuk itu sebagai perkenalan, BAALE akan merilis tiga single sekaligus

Iqbaal juga memproduseri albumnya bersama dengan Hendra Jaya Putra dari Rock N’ Roll Mafia, serta bekerja sama dengan beberapa musisi lain yang masih dirahasiakan. Ia berharap karyanya dapat dinikmati oleh berbagai generasi dan membawa dampak positif bagi pendengarnya.

Penasaran dengan tiga single yang akan dirilis BAALE? Nantikan kehadirannya tanggal 19 April 2024 dan ikuti takun media sosial BAALE di Instagram @baale untuk mendapatkan update.