Jadi Juara Level Asia Pasifik, Pelajar SMA 81 Jakarta Akan Bertarung di Kompetisi Bisnis Tingkat Dunia

Para siswa ini menghadirkan produk ramah lingkungan sambil memberdayakan pengrajin lokal.

54
SMA 81

Tim Sievasco Student Company (SC) dari SMAN 81 Jakarta harumkan nama Indonesia dengan menjuarai kompetisi bisnis pelajar tingkat Asia Pasifik, 2023 Junior Achievement (JA) Asia Pacific Company of the Year Competition, yang diselenggarakan oleh JA Asia Pacific di New Delhi, India pada 29 Mei-2 Juni lalu.

Tak hanya keluar sebagai juara pertama, para siswa ini juga berhasil menyabet dua penghargaan lainnya, yaitu Product of the Year (produk terbaik) dan Best Business Video (Video Bisnis Terbaik).

Capaian ini kemudian membuat para pelajar SMA 81 Jakarta mampu mengalahkan batas prestasi yang pernah ditorehkan pelajar Indonesia sejak pertama kali ikut kompetisi yang diadakan pada 2011 silam.

Sebagai pemenang, Sievasco SC akan kembali berkompetisi dengan tim pemenang dari kawasan Afrika, Amerika Serikat, Amerika Latin, Eropa, dan Timur Tengah untuk memperebutkan pencapaian tertinggi sebagai kelompok bisnis pelajar terbaik di dunia dalam ajang JA Worldwide De La Vega Global Entrepreneurship Award pada bulan Februari 2024 mendatang.

SMA 81 Jakarta adalah bagian dari sekolah penerima manfaat inisiatif edukasi kewirausahaan dari salah satu perusahaan farmasi di Indonesia. Lewat program ini, pelajar SMA dan SMK di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan praktis kewirausahaan yang dibutuhkan untuk mewujudkan ide bisnis.

Academic Advisor and Operations Counsel Prestasi Junior Indonesia, Bapak Robert Gardiner, mengatakan bahwa melalui program ini para pelajar akan memperoleh pengalaman pertama berwirausaha tetapi juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan.

“Melalui program ini, para pelajar tidak hanya memperoleh pengalaman pertama berwirausaha tetapi juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan. Di tengah situasi pemulihan pascapandemi, pengusaha muda ini menciptakan bisnis yang menguntungkan sekaligus tetap mengedepankan misi sosial dan lingkungan, dengan ambisi untuk membantu membangun komunitas yang lebih baik melalui bisnis mereka,” ucap Bapak Robert Gardiner dalam siaran pers yang diterima redaksi Oppal.

Foto Pelajar SMA 81 Menangkan Asia Pacific Company of The Year/Dok.OPPAL

Dalam kompetisi ini, pelajar SMA 81 Jakarta membawa produk fesyen ramah lingkungan mereka dengan nama “Taska”. Dengan mendaur ulang 700 kg limbah ban dan memberdayakan enam pengrajin di Jakarta dan Bandung, mereka menciptakan inovasi menarik mulai dari tas, dompet, clutch, sampai dengan lanyard.

Produk tas mereka ini kemudian sudah dilengkapi dengan fitur GPS tracker untuk keamanan yang terhubung langsung dengan telepon genggam dan fitur mix and match untuk memberikan rekomendasi padu padan berpakaian.

Baca juga: “Keren! Siswa SMA Kolese De Britto Yogyakarta Rayakan Kelulusan dengan Aksi Long March dan Kegiatan Sosial

Berkat keunikan tersebut, Sievasco SC berhasil menjual 420 unit produk dan memperoleh pendapatan bisnis sampai dengan Rp67 juta selama delapan bulan beroperasi. Congrats Sievasco SC!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.