KA Pandalungan Pecahkan Rekor Kereta Rute Terpanjang Stasiun Gambir–Jember

Untuk jarak hampir seribu kilometer, kereta ini hanya menempuh waktu kurang lebih 13 jam.

73
KA Pandalungan

PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi meluncurkan perjalanan kereta api dengan jarak terjauh rute Stasiun Gambir–Stasiun Jember (PP). Kereta ini diberi nama KA Pandalungan dan memecahkan rekor KA rute terpanjang yang ada di Indonesia dengan jarak 919 kilometer.

“Akhirnya, KA Gajayana harus rela turun takhta. Sekarang, KA pemegang rute terjauh ditempati KA Pandalungan dengan rute 919 km dari Jember menuju Gambir,” tulis penjelasan pihak Kereta Api Indonesia di akun resmi Twitternya.

Pihak KAI juga mengatakan bahwa perjalanan KA Pandalungan resmi melaju pada tanggal 1 Juni 2023 kemarin. Dengan layanan eksekutif, kereta ini juga memecahkan rekor menjadi kereta pertama yang melayani rute Jambir–Gambir secara PP (Pulang Pergi).

“KA Pandalungan resmi melaju pada 1 Juni 2023 kemarin. Dengan layanan eksekutif, kereta ini enggak hanya memecahkan rekor jarak tempuh terpanjang, tapi juga merupakan KA perdana dengan rute Jember–Gambir pp,” tulis keterangan KAI lebih jauh.

Foto Kereta api/kai.id

“Dengan kehadiran KA Pandalungan, #ExploreJember jadi makin mudah, aman, dan nyaman. Ngomong-ngomong, sudah ada yang naik KA Pandalungan full trip Jember–Gambir?” tutup keterangan pihak KAI.

Dilihat dari berbagai sumber, KA Pandalungan yang akan menempuh jarak 919 kilometer ini menempuh waktu kurang lebih 13 jam lamanya.

Adapun nama Pandalungan diambil dari suatu daerah yang berada di wilayah tapal kuda. Harapannya adalah jika masyarakat tapal kuda ingin bepergian, maka naiknya Kereta Api Pandalungan.

“Nama Pandalungan sebagai nama kereta dari Jember tujuan Jakarta adalah sebagai bentuk apresiasi KAI untuk masyarakat Pandalungan yang berada di wilayah tapal kuda. Harapannya, kalau orang di wilayah tapal kuda mau bepergian, naiknya ya KA Pandalungan,” ucap Direktur Niaga PT KAI, Bapak Hadis Surya Palapa dilansir dari antaranews.com.

KA Pandalungan akan membawa delapan kereta eksekutif dengan kapasitas 400 tempat duduk. Untuk tahap awal, kereta akan beroperasi setiap hari selama dua pekan pertama bulan Juni, kemudian pada minggu ketiga dan keempat akan berjalan pada hari Kamis dan Senin.

Baca juga: “Waspada Keadaan Darurat di Kereta Api, Ini Tips yang Bisa Kamu Lakukan Sebagai Penumpang

Untuk bulan Juni ini, pihak KAI juga memberikan promo Rp300.000,- untuk perjalanan KA Pandalungan yang berlaku mulai tanggal 1 Juni 2023 sampai dengan 30 Juni 2023. Untuk jadwal lengkapnya, kamu bisa langsung klik di sini, ya.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Related Post