Klasemen ASEAN Para Games 2023: Indonesia Dipastikan Jadi Juara Umum dengan 153 Medali Emas

Hari ini merupakan hari terakhir perhelatan ASEAN Para Games 2023.

58
ASEAN Para Games

Kontingen Indonesia tak tergoyahkan dan masih berada di puncak klasemen ASEAN Para Games 2023 sampai dengan hari Kamis, 8 Juni 2023. Pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga memberikan update terkait dengan perolehan medali sampai hari Kamis (8/6) malam pukul 23.15 WIB.

”Sobatpora, berikut adalah klasemen perolehan medali sementara ASEAN Para Games 2023 Kamboja sampai hari ini (pukul 23.15 WIB),” kata akun Instagram resmi Kemenpora.

Dalam keterangannya lebih lanjut, Kontingen Indonesia sudah mengumpulkan sebanyak 153 medali emas, 140 medali perak, dan 90 medali perunggu dengan total 383 medali.

“Satu hari menjelang penutupan ASEAN Para Games 2023 Kamboja, Indonesia kokoh di puncak klasemen dengan 153 medali emas, 140 medali perak, dan 90 medali perunggu. Total raihan medali yang berhasil didapat adalah 383 medali,” tambah keterangan akun tersebut.

Dengan hasil ini, dipastikan bahwa Kontingen Indonesia dipastikan menjadi Juara Umum ASEAN Para Games 2023 Kamboja.

“Dengan perolehan medali tersebut, Indonesia dipastikan menyandang gelar Juara Umum pada ASEAN Para Games tahun ini,” tutup keterangan Kemenpora.

Cabang olahraga para-tenis meja menjadi penyumbang medali emas terbanyak bagi Kontingen Indonesia pada hari Kamis dengan total 12 medali emas. Cabang berikutnya yang juga menyumbangkan banyak medali emas adalah para-badminton dengan koleksi enam emas, sedang para-catur berhasil menyumbangkan tiga emas.

Para-catur juga menjadi penyumbang perak terbanyak dengan perolehan delapan medali perak, para-tenis meja kemudian menyusul dengan enam medali perak, dan para-renang mendapatkan enam medali perak.

Dan untuk medali perunggu, cabang olahraga para-badminton, para-catur, para-renang, dan para-tenis meja juga berhasil menghasilkan cukup banyak medali bagi Kontingen Indonesia.

Sampai dengan hari Kamis kemarin, menyusul di bawah Indonesia adalah Kontingen Thailand dengan perolehan 123 medali emas, 106 medali perak, dan 84 medali perunggu dengan total 313 medali.

Baca juga: “Di Balik Kekurangan, Semangat Para Atlet Tak Pudar untuk Berprestasi di ASEAN Para Games 2022

Selain itu, di peringkat ketiga ada Vietnam dengan 66 medali emas, 57 medali perak, dan 80 medali perunggu, dengan total 203 medali.

Terima kasih para atlet ASEAN Para Games Kontingen Indonesia! Terima kasih sudah memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara ini.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.