Klasemen SEA Games 2023 Selasa (16/5) Pagi, Indonesia Ada di Peringkat 3

Selamat untuk para atlet Indonesia yang telah menyumbangkan medali!

72
SEA Games 2023

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia kembali memberikan update terkait dengan perolehan medali Kontingen Indonesia di SEA Games 2023. Dalam unggahan di akun media sosial Instagram @kemenpora, pada Selasa (16/5) pagi terlihat posisi Indonesia ada di peringkat 3.

“Sobatpora, berikut klasemen perolehan medali sementara SEA Games 2023 Kamboja sampai hari Senin malam, 15 Mei 2023 (pukul 23.00 WIB). Indonesia berada di peringkat tiga dengan raihan 76 medali emas, 66 medali perak, 94 medali perunggu, sehingga total perolehannya yaitu 236 medali,” tulis keterangan Kemenpora.

Sumber foto: NOC Indonesia

Pada peringkat pertama masih bertengger Vietnam dengan perolehan 123 medali emas, 100 perak, dan 98 perunggu dengan total medali 321.

Di peringkat kedua ada Kontingen Thailand dengan mengumpulkan 94 medali emas, 76 perak, dan 93 perunggu dengan total medali 263.

Tim Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja kembali berhasil menambah pundi-pundi medali, pada hari Senin (15/5). Ada 33 medali yang disumbangkan oleh Tim Indonesia, yang terdiri dari 6 emas, 6 perak, dan 11 perunggu.

Sumber foto: NOC Indonesia

Cabor angkat besi menjadi pendulang emas terbanyak. Dua lifter Tim Indonesia, yakni Tsabitha Alfiah Ramadani (Women’s 64kg) dan Rahmat Erwin Abdullah (Men’s 81kg), berhasil meraih podium tertinggi.

Bahkan, emas yang diraih Rahmat Erwin sangat spesial lantaran dia sukses memecahkan tiga rekor sekaligus.

Lalu selanjutnya, ada cabor sepaktakraw yang berhasil menyumbangkan emas untuk Tim Indonesia dari nomor Men’s Doubles. Muhammad Hardiansyah Muliang/Rusdi Rusdi/Saiful Rijal sukses memastikan emas usai mengalahkan Malaysia di laga final.

Sumber foto: NOC Indonesia

Dari cabor kickboxing, Tim Indonesia berhasil menyabet emas pada nomor Men’s Kick Light -63kg atas nama Abdul Aziz. Lalu, tim taekwondo Indonesia akhirnya mampu menyumbangkan emas pertamanya di SEA Games ke-32 dari Women’s Under 53kg atas nama Megawati Tamesti Maheswari.

Baca juga: “Massive Respect! Momen Pelari Singapura Bantu Rikki Martin Simbolon di SEA Games 2023

Sementara itu, dari cabor basket, Timnas Basket 5×5 Putra dipastikan gagal mempertahankan emas SEA Games. Pasalnya, mereka menelan kekalahan dari Filipina dalam laga semifinal sehingga harus puas hanya memperebutkan perunggu, pada Selasa (16/5), menghadapi Thailand.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.