Kunyit Hingga Kelapa Muda Bermanfaat Turunkan Panas Demam Anak

Banyak bahan tradisional berupa rempah-rempah yang ampuh untuk menurunkan panas loh.

191
0
Demam

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, demam berarti sakit yang menyebabkan suhu badan menjadi lebih tinggi daripada biasanya. Hal ini biasa terjadi di pengalihan musim seperti bulan-bulan September hingga Desember.

Demam bisa diderita oleh siapa saja, tak terkecuali anak-anak. Biasanya para orangtua cukup panik dan kebingungan setelah suhu anaknya berada di atas rata-rata. Umumnya, para orangtua ini langsung memberikan obat penurun panas berbahan kimia yang dijual di apotek.

Namun, taukah kamu kalau ada bahan tradisional berupa rempah-rempah yang ampuh untuk menurunkan panas? Mulai dari kunyit yang sangat mudah ditemui, sampai dengan air kelapa muda yang dijual bebas ternyata bisa dan ampuh untuk menurunkan panas pada anak dan orang dewasa.

Lempuyang Emprit (Zingiber Amaricans)

Salah satu rempah ini memiliki kandungan senyawa minyak atsiri, yang bermanfaat untuk menurunkan panas. Biasanya yang digunakan adalah rimpangnya, berwarna putih kekuningan dan rasanya pahit.

Cara meraciknya adalah bersihkan 10 gram umbi lempuyang emprit. Parut dan tambahkan 1/2 air panas, lalu aduk rata. Setelah dingin, peras dan ambil sarinya. Campur dengan 2 sendok makan madu, aduk rata. Konsumsi ramuan ini 3 kali sehari.

Kunyit (Curcuma Longa)

Rempah-rempah Indonesia kunyit ternyata memiliki beberapa kandungan baik di dalamnya. Di antaranya adalah atsiri, curcumin, turmeron, dan zingiberen yang memiliki manfaat sebagai antibakteri, antioksidan, dan antiinflamasi (anti-peradangan).

Cara mengolah kunyit menjadi minuman penurun panas adalah dengan cara cuci bersih 10 gram kunyit. Parut dan tambahkan 1/2 gelas air panas, aduk rata. Setelah agak dingin, peras dan ambil sarinya, tambahkan perasan 1/2 buah jeruk nipis. Lalu campur dengan 2 sendok makan madu, aduk rata. Lalu bagi menjadi 3 bagian campuran madu dan kunyit, kemudian berikan 3 kali sehari.

Sambiloto (Andrographis paniculate)

Mungkin banyak orang yang belum terlalu kenal dengan tanaman ini. Sambiloto merupakan tanaman yang memiliki kandungan andrografolid lactones (zat pahit), diterpene, glucosides, dan flavonoid yang bisa menurunkan panas.

Bahkan, salah satu penelitian di Thailand pada tahun 1991 mengatakan bahwa 6 gram sambiloto sama efektifnya dengan paracetamol. Cara mengolah sambiloto ini juga tergolong mudah. Rebus 10 gram daun sambiloto kering, 25 gram umbi kunyit kering, dan 200 cc air. Rebus hingga mendidih dan airnya tinggal 100 cc, kemudian saring.

Baca Juga: “Tak Hanya Menghangatkan, Minuman Tradisional Ini Juga Punya Banyak Manfaat Untuk Tubuh

Setelah agak hangat, tambahkan 100 cc madu bunga kapuk atau mahoni, aduk rata. Bagi menjadi 3 bagian, minum 3 kali sehari.

Air Kelapa Muda

Air kelapa muda kaya akan kandungan mineral, antara lain kalium. Pada saat panas, badan akan mengeluarkan banyak keringat untuk menurunkan suhu tubuh. Untuk menggantikan keringat tersebut, perbanyak minum air kelapa. Kandungan ini cukup jitu untuk menurunkan panas demam pada anak-anak.

Jadi, Oppal Gengs bisa mencari alternatif obat atau ramuan yang dapat menurunkan panas ya supaya tidak tergantung pada obatan kimia. Cobain yuk!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *