Kursi Baru Kereta Api Kelas Ekonomi, Bisa Diputar dan Disandarkan

Enggak cuma kursi, toiletnya juga diganti, lho!

124
kereta api

Pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) akhirnya angkat bicara terkait dengan viral kursi baru kereta api (KA) kelas ekonomi yang sudah lagi tak seperti dulu. Sebelumnya, kursi kelas ekonomi kereta api terlihat tegak sejajar 90 derajat.

Namun, kini beberapa gerbong terlihat sudah diganti oleh pihak KAI. VP Public Relations KAI, Bapak Joni Martinus, membenarkan kalau pihaknya saat ini sedang melakukan modifikasi interior kereta beserta dengan kursinya di kawasan Manggarai.

Foto kursi yang ada di kereta api/kai.id

Hal ini dilakukan sebagai bagian program peningkatan layanan KAI untuk kelas ekonomi. Pada tahap awal ini, sudah ada 4 gerbong kereta ekonomi yang sudah berhasil dimodifikasi.

“Pada tahap awal ini, sudah ada 4 gerbong kereta ekonomi yang telah berhasil dimodifikasi,” ucap Pak Joni Martinus, dilansir dari cnn.com, Jumat (26/5).

Foto kursi yang ada di kereta api/kai.id

Lewat modifikasi ini, jumlah kursi yang tadinya berkapasitas 80 tempat duduk kini menjadi 72 duduk sehingga memberikan kesan yang lebih luas. Keunggulan lainnya, yaitu kursinya bisa disandarkan dan diputar seperti kursi pada kereta eksekutif,” tambah keterangan Bapak Joni Martinus.

Pada bagian interiornya juga akan ditambah Public Information Display Sistem (PIDS) yang bisa menampilkan jam dan suhu. Modifikasi lain terlihat dari tampilannya yang sudah menyerupai kereta eksekutif, seperti bentuk bagasi dan nuansa interior yang lebih cerah.

Toilet di kereta ekonomi juga kini sudah dimodif, dari yang dulunya toilet jongkok, kini sudah menjadi toilet duduk dengan nuansa yang lebih mewah.

“Untuk rencana operasionalnya akan dirangkaikan kereta api apa dan kapan waktunya, sampai dengan saat ini masih dalam kajian manajemen. Yang pasti dalam waktu dekat pelanggan kereta ekonomi akan merasakan pengalaman yang berbeda dan pastinya lebih nyaman,” tambah Pak Joni.

Baca juga: “Cerita Goresan Tangan Rafi Melukis Kereta, Remaja Autistik yang Mencintai Kereta Api

Lewat modifikasi ini, KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan ke depannya dan memberikan perjalanan yang luar biasa kepada penggunanya,” tutup Bapak Joni Martinus.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.