Lampaui Target dan Cetak Sejarah Atlet Indonesia di SEA Games 2023

Salut untuk semua atlet yang berjuang!

1954
Format Baru Liga 1

Pertandingan demi pertandingan di SEA Games 2023 Kamboja sudah berakhir. Kurang lebih dua minggu para atlet kebanggaan Indonesia bertanding demi memberikan yang terbaik kepada Tanah Air lewat kemampuan mereka di masing-masing cabang olahraga.

Ini juga menjadi tantangan berat kala Bapak Presiden Jokowi berpesan setidaknya posisi Indonesia di SEA Games ke-32 ini bisa lebih baik dari yang sebelumnya, minimal berada di peringkat kedua dengan capaian medali emas lebih dari 69.

Meski target peringkat tak tercapai, namun “pekerjaan rumah” yang diberikan oleh Pak Jokowi untuk memboyong lebih dari 69 emas ke Tanah Air sudah tercapai oleh para atlet ini.

Total sampai dengan hari terakhir pelaksanaan SEA Games 2023 Kamboja, Kontingen Indonesia mampu mengumpulkan 87 medali emas, 80 medali perak, dan 109 perunggu dengan total Raihan 276 medali.

Capaian ini sudah dipastikan melampaui target dari Bapak Jokowi untuk Kontingen Indonesia. Yang lebih membanggakan adalah ini merupakan prestasi terbaik dalam enam SEA Games terakhir. Dalam lima SEA Games sebelumnya atau di tahun 2013, perolehan medali emas Tim Indonesia tidak pernah menyentuh angka 80.

“Alhamdulillah, Tim Indonesia berhasil mengakhiri SEA Games 2023 dengan raihan 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu. Terima kasih kepada semua atlet, pelatih, dan ofisial yang telah berjuang untuk mengibarkan Merah-Putih serta mengumandangkan Indonesia Raya,” ujar CdM Kontingen Indonesia, Mas Lexyndo Hakim.

Dalam kesempatan ini, Mas Lexy juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak terkait yang sudah mendukung para atlet ini, termasuk dari Kemenpora, Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), sampai dengan seluruh pengurus cabang olahraga.

“Terima kasih juga kepada Kemenpora, NOC Indonesia, dan semua pengurus cabor atas perhatiannya dalam membina atlet-atlet hingga mereka meraih prestasi yang ditargetkan,” imbuhnya.

Prestasi terbaik putra putri Indonesia tak henti sampai di situ, dalam SEA Games 2023 Kamboja ini juga Tim Indonesia berhasil menjadi juara umum di delapan cabang olahraga. Seperti wushu, pencak silat, balap sepeda, tenis, esports, bulutangkis, voli, dan angkat besi.

Cetak sejarah

Selain itu, ada juga beberapa cabang olahraga yang mencetak sejarah, antara lain hoki dan cricket, di mana timnas hoki indoor putra dan timnas cricket putri kategori 6s untuk pertama kalinya meraih emas SEA Games.

Dua cabor beregu popular lainnya basket putri dan sepak bola juga menciptakan sebuah sejarah. Timnas Basket Putri 5×5 untuk pertama kalinya meraih emas.

Kemudian, ada sejumlah rekor yang dipecahkan oleh Tim Indonesia dari beberapa cabor. Ada 3 lifter Tim Indonesia yang mampu memecahkan rekor SEA Games dari cabor angkat besi. Mereka adalah Eko Yuli Wirawan (kelas 61kg), Rizki Juniansyah (73kg), Rahmat Erwin Abdullah (kelas 81kg).

Baca juga: “Tutup SEA Games 2023 Kamboja, Indonesia Raih 87 Emas, 80 Perak, 109 Perunggu

Puncaknya, Timnas U-22 akhirnya berhasil  melepas dahaga podium tertinggi selama 32 tahun di SEA Games. Dalam pertandingan final yang sengit, Indonesia sukses menumbangkan Thailand dengan skor telak 5-2.

Bangga dan respect untuk seluruh atlet yang berlaga! Sekali lagi, seluruh masyarakat Indonesia berterima kasih atas perjuangan kalian! Kalian hebat!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Related Post