Tutup SEA Games 2023 Kamboja, Indonesia Raih 87 Emas, 80 Perak, 109 Perunggu

Terima kasih kepada seluruh atlet yang telah berjuang untuk Indonesia.

89
SEA Games Kamboja

Seluruh pertandingan di SEA Games 2023 Kamboja dari semua cabang olahraga telah berakhir, Selasa (16/5). Banyak sejarah tercipta di SEA Games Kamboja.

Tim Indonesia menutup SEA Games 2023 Kamboja dengan menempati posisi ketiga klasemen akhir perolehan Pasukan Merah-Putih sukses menyabet 276 medali, dengan raihan 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu.

Dengan capaian ini, maka sudah dipastikan melampaui target peralihan medali yang ditetapkan oleh Presiden Jokowi pada saat pelepasan di Istana Negara, Selasa (2/5) kemarin.

Tak hanya memenuhi target presiden, capaian ini merupakan yang terbaik dalam enam SEA Games terakhir. Dalam lima SEA Games sebelumnya atau sejak 2013, perolehan medali emas Tim Indonesia tidak pernah menyentuh angka 80.

“Alhamdulillah, Tim Indonesia berhasil mengakhiri SEA Games 2023 dengan raihan 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu. Terima kasih kepada semua atlet, pelatih, dan ofisial yang telah berjuang untuk mengibarkan Merah-Putih serta mengumandangkan Indonesia Raya,” ujar Mas Lexyndo Hakim selaku CdM Kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja dalam press release yang diterima Redaksi Oppal.

Di SEA Games 2023, Tim Indonesia berhasil menjadi juara umum pada delapan cabor. Yakni wushu, pencak silat, balap sepeda, tenis, esports, bulu tangkis, voli, dan angkat besi.

Ada juga beberapa cabor yang berhasil mencetak sejarah, antara lain hoki dan cricket, di mana timnas hoki indoor putra, dan timnas cricket putri kategori 6s untuk pertama kalinya meraih emas di SEA Games.

Bukan hanya itu, dua cabor beregu populer lainnya yaitu basket dan sepak bola juga sukses menciptakan sejarah. Timnas Basket 5×5 Putri untuk pertama kalinya meraih emas.

Kemudian, ada sejumlah rekor yang dipecahkan oleh Tim Indonesia dari beberapa cabor. Ada 3 lifter Tim Indonesia yang mampu memecahkan rekor SEA Games dari cabor angkat besi. Mereka adalah Eko Yuli Wirawan (kelas 61kg), Rizki Juniansyah (73kg), Rahmat Erwin Abdullah (kelas 81kg).

Puncaknya, Timnas U-22 akhirnya berhasil melepas dahaga podium tertinggi selama 32 tahun di SEA Games. Dalam pertandingan final yang sengit, Indonesia sukses menumbangkan Thailand dengan skor telak 5-2.

Baca juga: “Penantian 32 Tahun, Garuda Nusantara Berikan Emas untuk Indonesia di SEA Games 2023

Selamat kepada seluruh atlet terbaik bangsa. Terima kasih sudah berjuang dan memberikan yang terbaik untuk Ibu Pertiwi. Kalian hebat!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.