Presiden Jokowi Terima Penghargaan Global Citizen Award dari PBB

“Penghargaan ini saya dedikasikan untuk seluruh rakyat Indonesia,” kata Bapak Jokowi.

198
0
Jokowi

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menerima penghargaan Global Citizen Award dari organisasi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat, pada Selasa (19/09/2022).

Penghargaan ini diberikan kepada Bapak Jokowi atas kepemimpinannya sebagai presidensi G20 dan upaya dalam menjembatani dampak perang di Ukraina, serta dukungan luas atas pemenuhan hak asasi manusia, demokrasi dan arsitektur kesehatan global yang lebih baik.

“Penghargaan ini saya dedikasikan untuk seluruh rakyat Indonesia,” kata Presiden Joko Widodo dalam sambutan lewat pesan video pada acara penganugerahan penghargaan Global Citizen Award oleh lembaga think tank Amerika Serikat.

Mr. Klaus Schwab sebagai Executive Chairman WEF menyebutkan bahwa Presiden Jokowi masuk ke ranah politik dari seorang pebisnis untuk melayani rakyat dan bekerja bersama rakyat.

“Merupakan suatu kehormatan bagi saya dapat memperkenalkan Presiden Joko Widodo. Memulai karirnya sebagai pelaku bisnis, lalu menjadi Walikota Surakarta, Presiden Joko Widodo memasuki ranah politik untuk melayani rakyatnya, bekerja bersama rakyatnya,” kata Mr. Klaus seperti dikutip dari laman kemlu.go.id.

“Presidensi Indonesia di G20 terjadi pada saat dunia dihadapkan oleh tantangan multidimensi, dan oleh karena memerlukan pemimpin yang memiliki kemampuan yang luar biasa, pemimpin yang menginginkan kepercayaan dari semua pihak. Presiden Jokowi bukan hanya pemimpin rakyat Indonesia, tapi pemimpin yang memiliki visi global, mempromosikan perdamaian dan kemakmuran dunia,” tambah Mr. Klaus Schwab.

Hadir mewakili Presiden Jokowi di Amerika Serikat, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengungkapkan bahwa Bapak Jokowi adalah perwujudan dari semangat yang Indonesia ingin proyeksikan kepada dunia.

“Presiden Jokowi adalah perwujudan dari semangat yang Indonesia ingin proyeksikan kepada dunia, yaitu paradigma kolaborasi, pembangunan jembatan (bridge-builder) dan menjadi bagian dari solusi,” kata Ibu Retno Marsudi.

Acara penganugerahan Global Citizen Award sendiri adalah acara tahunan yang diselenggarakan Atlentic Council di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York. Penghargaan ini diberikan kepada tokoh yang dipandang memberikan kontribusi dan perbuatan nyata untuk dunia.

Selain Bapak Jokowi, pemimpin dunia yang pernah mendapatkan penganugerahan ini adalah Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Mantan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, dan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *