Psst, Ini Masker yang Tepat untuk Kamu Gunakan di Tengah Polusi Udara yang Memburuk

Masker kain memberikan proteksi yang paling minim terhadap polusi udara.

51
Tips Memilih Masker

Belakangan ini, buruknya polusi udara di Jakarta dan sekitarnya menjadi isu yang mengundang perhatian. Pemerintah pun mengimbau masyarakat yang banyak beraktivitas di luar ruangan untuk kembali memakai masker.

Anjuran menggunakan masker sebenarnya sudah enggak asing lagi bagi kita. Pandemi Covid-19 yang melanda selama tiga tahun kemarin membuat kita harus memakai masker dalam setiap kegiatan. Tetapi, enggak semua masker diciptakan sama dan pemilihan masker yang tepat juga sangat penting untuk melindungi diri.

Kota dengan Udara Paling Bersih di Indonesia
Penampakan polusi udara di Jakarta/higienis.com

Ada berbagai macam jenis masker yang tersedia, seperti masker kain, masker medis, KN95, N95, hingga masker respirator untuk melindungi diri dari zat berbahaya.

Ahli kesehatan paru, dr. Januar Habibi mengatakan, masker N95 atau KN95 adalah pilihan yang ideal dalam menghadapi polusi di ibu kota yang kian memburuk.

“Idealnya kalau kita bisa pakai N95 lebih bagus, karena kalau N95 atau KN95 proteksi terhadap partikel-partikel kecilnya lebih bagus,” kata Januar, seperti dikutip Kompas.com.

Tips Memilih Masker
Masker KN95/shutterstock

Selain memilih jenis masker yang sesuai, kita juga harus memerhatikan berapa lama kita bisa menggunakannya secara efektif. Kita juga harus memastikan masker tersebut sesuai dengan ukuran wajah dan selalu dipakai dengan rapat.

Anyway, masker medis umumnya diganti setiap 3-4 jam sekali. Tetapi, jika kondisi masker sudah terlihat kotor atau terkontaminasi sebelum waktu tersebut, sebaiknya segera ganti dengan masker yang baru.

Tips Memilih Masker
Jenis masker medis/shutterstock

Di samping itu, masker medis juga sebaiknya enggak dicuci dan digunakan kembali, karena bisa mengurangi efektivitas perlindungannya.

Lantas, bagaimana dengna efektivitas masker kain untuk menghadapi polusi udara?

Januar mengatakan, masker kain punya perlindungan yang paling rendah, karena poin-poin lebih besar, sehingga partikel-partikel polutan yang kecil bisa masuk dengan mudah. Apalagi saat masker dicuci dengan cara digosok terlalu keras, itu bisa menyebabkan pelebaran pori-pori pada kain tersebut.

Buat kamu yang sering beraktivitas di luar rumah dan bepergian ke luar, jangan lupa untuk mengenakan masker ya, gengs!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!