Rekor Pertemuan Timnas Indonesia U-22 vs Thailand, Asa Tetap Ada!

Indonesia sempat lima kali menang melawan tim dari Thailand.

76
Timnas Indonesia U-22

Timnas Indonesia U-22 akan menghadapi laga final kontra Thailand U-22 pada final SEA Games 2023 cabang olahraga sepak bola, Selasa (16/5). Pertandingan ini akan digelar di Olympic Stadium, Phnom Penh, pada pukul 19.30 WIB.

Para punggawa Garuda Nusantara berhasil lolos ke partai puncak usai mengalahkan Timnas Vietnam secara dramatis dengan skor 3-2. Sementara itu, Thailand berhasil melenggang ke partai puncak usai mengalahkan Myanmar dengan skor 3-0.

Jelang partai final yang kurang lebih terselenggara 10 jam lagi, sangat menarik untuk melihat rekor pertemuan kedua tim. Kedua tim ini dikabarkan sudah bertemu sebanyak 23 kali.

Dari total pertemuan itu, Timnas Indonesia U-22 menang sebanyak 4 kali. Kemenangan itu bisa diraih Merah Putih pada edisi SEA Games 1989, 1991, 2011, dan 2019.

Pada SEA Games 1989, Timnas Indoneia bentrok dengan Thailand dalam perebutan tempat ketiga atau medali perunggu. Skuad Merah Putih berhasil mengalahkan lawannya pada saat itu dengan skor 9-8 lewat babak adu penalti.

Foto Timnas Indonesia U-22/pssi.org

Duel dua kesebelasan akhirnya berlanjut di tahun 1991 yang digelar di Filipina. Timnas Indonesia vs Thailand kembali bertarung di partai final untuk memperebutkan medali emas.

Hasilnya, lagi dan lagi Timnas Indonesia menang lewat babak adu penalti 4-3 setelah bermain imbang 0-0 dalam waktu normal. Skuad Timnas Indonesia U-22 kembali mendapatkan medali emas di gelaran SEA Games.

Selang 10 tahun, Timnas Indonesia U-22 kembali bertemu dengan skuad Thailand di tahun 2011 pada pelaksanaan SEA Games 2011 di Jakarta. Kali ini, mereka bertemu di babak penyisihan grup. Pasukan Merah Putih pun kembali menang 3-1 melawan pasukan Thailand.

Foto Timnas Indonesia U-22/pssi.org

Kemenangan terakhir Timnas Indonesia U-22 atas Thailand di SEA Games terjadi pada babak penyisihan grup di tahun 2019. Saat itu, Skuad Garuda kembali menaklukkan Thailand dengan skor 2-0.

Dari 23 kali pertemuan, Timnas Indonesia U-22 berhasil meraih lima kemenangan. Meski rekor ini masih terhitung sedikit, namun rekor tetaplah sebuah angka dan cerita. Siapa yang tahu jika ini akan menjadi waktu bagi Timnas Indonesia U-22 bangkit dan meraih medali emas setelah “puasa” selama 32 tahun?

Foto Coach Indra Sjafri/pssi.org

“Terima kasih kepada suporter, baik itu yang langsung ke Kamboja, ini tanggung jawab kita bersama dan harus diselesaikan besok termasuk yang ada di Indonesia, mungkin lewat TV dan tentu kami meminta support-nya. Besok mudah-mudahan atas izin Allah, besok kita mewujudkan keinginan kita di mana sudah 32 tahun tidak medali emas,” kata Coach Indra Sjafri melansir dari website pssi.co.id.

Mari kita satukan doa dan harapan untuk hasil terbaik yang akan diberikan oleh punggawa Timnas Indonesia U-22. Selamat berjuang Garuda Nusantara!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.