Rishi Sunak, Perdana Menteri Inggris Termuda dan Keturunan India Pertama

Sunak merupakan eks Menteri Keuangan dan cukup popular di era kabinet Boris Johnson.

208
0
Rishi Sunak

Nama Rishi Sunak kini menjadi perbincangan di seluruh dunia. Pasalnya, pria keturunan India ini akan menggantikan Liz Truss menjadi Perdana Menteri Inggris. Rekam jejak Rishi Sunak pun banyak dicari orang.

Ternyata, Sunak merupakan eks Menteri Keuangan di era Boris Johnson. Ia juga menjadi salah satu menteri yang cukup popular di era kabinet Boris Johnson. Namanya terus naik daun setelah menjadi salah satu menteri pertama yang mengundurkan diri akibat bentuk protes terhadap Johnson.

Rishi Sunak
Rishi Sunak/Shutterstock

Bahkan, pernyataan Rishi Sunak saat itu sangat keras dan menegaskan bahwa dirinya tidak memiliki alasan lagi untuk berada di kabinet Boris Johnson karena pemerintahannya sudah tidak dipercaya lagi oleh masyarakat Inggris karena skandal demi skandal yang ada.

Rishi Sunak merupakan seorang yang dinilai ahli terhadap kebijakan berorientasi pada detail. Politisi keturunan India-Afrika Timur ini merupakan salah seorang pendukung kuat Inggris untuk keluar dari Uni Eropa (Brexit).

Rishi Sunak/Shutterstock

Sunak sendiri sedari kecil memang sudah berada di Inggris. Orang tuanya sudah bermigrasi ke Inggris sejak tahun 1960-an. Usai lulus dari sekolah elit Lincoln Oxford, Sunak kemudian mengejar gelar MBA dari Standford University dengan beasiswa Fulbright.

Sunak juga menjadi anggota parlemen Inggris tercepat yang bisa naik menjadi PM Inggris, yakni hanya dalam waktu tujuh tahun saja. Selain itu, Rishi Sunak saat ini menjadi PM Inggris keturunan India pertama dan menjadi pemimpin Inggris termuda sejak tahun 1812.

Rishi Sunak/Shutterstock

Beliau saat ini baru menginjak usia 42 tahun dan lahir di Southampton pada 1980 dengan orang tua keturunan India Punjabi.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *