Sashing Ceremony, Proses Pemberian Lambang Kehormatan Untuk 45 Finalis Puteri Indonesia 2023

Para finalis terpilih untuk mewakili 34 provinsi di Indonesia.

123

Yayasan Puteri Indonesia akan kembali melaksanakan Pemilihan Puteri Indonesia 2023. Kompetisi kecantikan edisi ke-26 ini akan diselenggarakan pada 19 Mei 2023 mendatang di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC) di Jakarta.

Pada Pemilihan Puteri Indonesia tahun 2023, sebanyak 45 finalis telah terpilih untuk mewakili 34 provinsi di Indonesia. Mereka juga sudah memulai masa pra karantina sebagai bentuk persiapan para finalis menjelang hari karantina yang sesungguhnya.

Pemilihan Puteri Indonesia (PPI) sendiri merupakan kontes kecantikan terbesar dan menjadi kebanggaan Indonesia yang sudah diselenggarakan sejak tahun 1992 oleh Yayasan Puteri Indonesia dan didukung oleh PT Mustika Ratu Tbk.

Sebelum memasuki masa karantina, para finalis lebih dulu melaksanakan acara Sashing Ceremony yakni sebuah acara dimana para finalis akan diberikan “sash” sebagai lambang kehormatan kepada para finalis sebagai wakil dari daerahnya masing-masing.

Selain pemberian lambang kehormatan, acara ini juga menjadi momentum yang penting bagi para finalis, karena merupakan sebuah kesempatan pertama bagi mereka untuk memperkenalkan diri kepada publik dengan kecantikan dan kemampuan yang mereka punya.

Prosesi acara Sashing Ceremony ini digelar di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta Pusat pada hari Jumat (5/5) lalu.

Dalam sambutannya pada acara Sashing Ceremony kemarin, Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Ibu Putri Kus Wisnu Wardani, mengucapkan selamat kepada perempuan-perempuan terbaik dari berbagai provinsi di Indonesia yang telah terpilih sebagai Finalis Puteri Indonesia.

“Hari ini kita menyaksikan penyerahan penghargaan kepada 45 Finalis Puteri Indonesia 2023, dengan memberikan identitas diri sebagai perwakilan yang membawa nama provinsi masing-masing, melalui Sashing Ceremony guna mengikuti kompetisi bergengsi nasional yaitu Pemilihan Puteri Indonesia 2023,” Ucap Ibu Putri dalam keterangannya.

Selain sambutan dari Ibu Putri, Sashing Ceremony juga mendapat respon positif dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Pada kesempatannya melalui video, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Bapak Sandiaga Uno menyampaikan apresiasinya terhadap acara ini.

“Saya memberikan apresiasi terhadap yayasan puteri Indonesia karena dapat menjadi sebuah platform untuk memberdayakan perempuan dan mengembangkan karakter kartini milenial Indonesia dengan menerapkan konsep 3B yakni beauty, brain, behavior,” kata Bapak Sandiaga.

Bapak Sandi juga berharap, Pemilihan Puteri Indonesia juga dapat memberikan edukasi positif bagi perempuan generasi muda dan mewadahi para perempuan berbakat sehingga mampu menjawab tantangan zaman.  

Anyway, acara Sashing Ceremony ini dihadiri oleh perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yakni Deputi Bidang Kajian Strategis Ibu Nia Niscaya dan Direktur Event Nasional dan Internasional Ibu Dessy Ruhati. Lalu Ketua Pemilihan Puteri Indonesia Nasional Ibu Kusuma Ida Anjani, dan Ketua Bidang Komunikasi Yayasan Puteri Indonesia Bapak Mega Angkasa.

Para 45 finalis dari berbagai provinsi di Indonesia ini tampil dengan sangat Anggun menggunakan Cocktail Dress berwarna putih dan dipercantik dengan sentuhan kain tradisional.

Untuk menunjang penampilan dan kemampuan menuju hari H Pemilihan Puteri Indonesia pada tanggal 19 Mei nanti, para finalis juga menjalani serangkaian pelatihan yang intensif untuk meningkatkan keterampilan serta kemampuan dalam berbicara di depan publik, keterampilan memimpin, serta pengetahuan tentang berbagai hal terkait dengan Indonesia.

Wah ternyata perjuangan mereka keren banget ya gengs! Semangat untuk para finalis Puteri Indonesia 2023, semoga kerja keras dan perjuangan kalian mendapatkan hasil yang terbaik!

Related Post