Tahun Kelinci Air di 2023: Ini Karakter Pemilik Shio Kelinci

Menurut astrologi Cina, mulai 22 Januari 2023 mendatang kita akan memasuki tahun kelinci air.

481
0
Astrologi Cina

Menurut astrologi Cina, pada tahun 2023, atau tepatnya mulai 22 Januari 2023 mendatang, kita akan memasuki tahun kelinci air. Kelinci air sendiri melambangkan kesabaran dan keberuntungan, yang berarti tahun 2023 akan membawa masyarakat untuk mencapai kesuksesan setelah melewati tahun macan air yang penuh dengan tantangan.

Berbeda dengan astrologi dari negeri barat yang kita kenal dengan 12 zodiak, dalam astrologi Cina, terdapat 12 shio yang siklusnya akan berulang setiap 12 tahun sekali. Kelinci merupakan binatang ke-empat dalam siklus zodiak Cina.

Selain 12 shio, dalam astrologi Cina juga terdapat lima elemen yang juga turut bergulir. Berbeda dengan zodiak yang biasa dibagi dalam empat elemen: yaitu api, tanah, angin, dan air, dalam astrologi Cina ada lima elemen yang akan menentukan kepribadian berdasarkan tahun kelahiranmu; dimulai dari logam, air, kayu, api dan tanah.

Ilustrasi kelinci / Shutterstock

Pada tahun 2023 ini, kelinci akan disandingkan dengan elemen air. Menurut horoskop Cina 2023, tahun Kelinci akan menjadi tahun yang sangat beruntung bagi hampir semua shio. Semua tanda shio akan sukses dalam percintaan dan kebanyakan dari mereka berhasil menaikkan level kariernya.

Melihat dari berbagai sumber, orang yang lahir di bawah shio kelinci adalah orang yang tenang, tegas, dan tidak mudah panik. Inilah sebabnya para pemilik shio kelinci mudah keluar dari situasi yang cukup sulit.

Orang yang lahir dengan shio kelinci juga cukup beruntung dalam hal keuangan, dan cepat bergaul dengan mereka yang memiliki shio naga, monyet, dan kerbau. Mereka kurang cocok dengan shio arogan seperti ayam atau macan.

Sejarah 12 Hewan dalam Astrologi Cina

Dalam astrologi Cina, terdapat 12 hewan yang melambangkan 12 shio, yaitu tikus, kerbau, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan babi. Sesungguhnya, terdapat beberapa versi mengenai legenda kedua belas hewan tersebut, namun yang paling terkenal adalah versi perlombaan antar hewan yang digelar oleh Kaisar Langit.

Pada masa lampau, Penguasa Langit mengajak para hewan untuk berpartisipasi pada hari ulang tahunnya dan mengadakan sebuah perlombaan besar. Hadiahnya, 12 hewan pertama yang berhasil mencapai tempat yang ditentukan akan diberi tempat di kalender.

Pada masa itu, kucing dan tikus merupakan tetangga. Kucing selalu menggertak tikus yang lemah. Namun, tikus hanya menelan amarahnya tanpa melampiaskan kepada kucing. Begitu kucing mendengar berita tentang lomba itu, ia meminta kepada tikus untuk membangunkannya di pagi hari agar ia bisa memenangkan perlombaan tersebut. Tikus pun berjanji akan melakukannya.

Tetapi, untuk balas dendam kepada kucing, tikus bangun sebelum matahari terbit, dan pergi terlebih dahulu tanpa membangunkan kucing. Meski tikus bangun dan pergi lebih cepat, tikus kemudian mendapati sebuah tantangan: ia harus melewati sebuah sungai yang lebar. Sebagai seorang perenang yang buruk, tentu hal ini membuat tikus tak bisa melanjutkan perjalanan.

Ilustrasi astrologi Cina / Shutterstock

Untungnya, tak lama berselang, datang kerbau yang setuju untuk menolong tikus menyeberangi sungai. Meski begitu, setelah sampai di sisi seberang, tikus tak kunjung dari punggung kerbau.

Hingga sampailah mereka di depan pintu Kaisar Langit. Di sinilah tikus tiba-tiba melompat dari punggung kerbau dan memenangkan pertandingan sebagai shio pertama.

Alhasil, kerbau yang selama ini membantunya hanya bisa pasrah untuk berada di posisi kedua. Perlombaan pun terus berlanjut, hingga kemudian posisi ketiga dan seterusnya diisi oleh harimau, kelinci, naga, ular, kuda, domba, monyet, ayam, anjing, dan babi.

Baca Juga: “5 Zodiak yang Hobi Lakukan Love Bombing pada Pasangan

Itulah dia cerita tentang 12 hewan yang ada di astrologi Cina. Kamu sendiri, berdasarkan tahun kelahiranmu, apa shio dan elemenmu?

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *