Today in History: Berdirinya United Press International

United Press International merupakan kantor berita global.

61
today in history

Berbagai peristiwa menarik seputar sejarah terjadi pada hari ini tanggal 24 Mei, salah satunya adalah berdirinya United Press International (UPI). Ini menjadi agensi berita terbesar di dunia bersama dengan Associated Press dan Reuters.

Selain itu, hari ini juga menjadi sejarah bagi penerbangan pesawat supersonik di dunia. Pesawat penumpang supersonik pernah melayani jalur transportasi secara komersial pada tahun 1976 silam.

Lalu, ada peristiwa bersejarah apa lagi hari ini? Mari kita cek “Today in History” edisi 24 Mei.

United Press International Didirikan

Foto kantor United Press International/wikipedia

United Press International (UPI) merupakan kantor berita global yang bermarkas di Amerika Serikat. UPI merupakan salah satu kantor berita utama di dunia bersama dengan Associated Press (AP), Agence France-Presse, dan Reuters.

Saat ini, UPI dimiliki oleh News World Communication dan mengarsipkan berita-berita mereka dalam tiga bahasa, yaitu Inggris, Spanyol, dan Arab. UPI memiliki kantor di Washington DC, Beirut, Hong Kong, London, Santiago, Seoul, dan Tokyo.

Pesawat Supersonik Concorde Lakukan Penerbangan Komersil

Foto Pesawat Supersonik Concorde/wikipedia

Pesawat Concorde yang merupakan jenis pesawat supersonic yang melakukan perjalanan komersil untuk pertama kalinya pada 24 Mei 1976 dengan rute London – Washington DC.

Namun sayang, karena biaya produksi yang begitu tinggi, pesawat Concorde hanya mampu bertahan dan melayani sampai tahun 2000-an. Pesawat Concorde memiliki kemampuan jelajah sampai dengan 2,04 march (kecepatan suara).

Baca juga: “Today in History: Selamat Hari Penyu Sedunia

Concorde juga mampu terbang mencapai ketinggian 60.000 kaki atau setara dengan 17.700 meter dengan konfigurasi sayap delta dan evolusi mesin yang dilengkapi dengan mesin jet.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.