Today in History: Hari Laut Sedunia

Yuk, lebih peduli dengan kehidupan biota laut!

58
laut samudra

Pada tanggal 8 Juni setiap tahunnya dirayakan sebagai Hari Laut Sedunia. Hari ini pertama kali diinisiasi pada tahun 1992 di Rio de Janeiro, Brazil.

via GIPHY

Selain itu, pada hari ini salah satu tokoh bangsa Indonesia, Bapak Soeharto lahir pada tahun 1921. Beliau adalah Presiden Indonesia kedua dan menjabat selama 32 tahun lamanya dari tahun 1967 sampai dengan 1998.

Lantas, ada peristiwa bersejarah apa lagi hari ini? Semuanya ada di “Today in History”.

Hari Kelahiran Bapak Soeharto

Foto bapak Soeharto/infobiografi

Jenderal Besar TNI Purn. Soeharto lahir di Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Bantul, Yogyakarta, pada 8 Juni 1921. Beliau merupakan Presiden Indonesia yang kedua dan menjabat di tahun 1967 sampai dengan 1998 menggantikan Presiden Soekarno.

Pak Harto juga dijuluki sebagai Bapak Pembangunan Nasional berkat karya dan dedikasinya kepada bangsa dan negara dalam bidang pembangunan. Di dunia internasional, terutama di negara-negara barat, Pak Soeharto sering dirujuk dengan sebutan “The Smiling General” atau “Sang Jenderal yang Tersenyum”.

Predikat ini diberikan karena raut wajah Pak Harto yang sering tersenyum kepada siapa pun. Sebelum menjadi presiden, beliau adalah pemimpin militer di masa pendudukan Jepang dan Belanda dengan pangkat terakhir Mayor Jenderal.

Hari Laut Sedunia

Foto ilustrasi laut/Unsplash

Setiap tanggal 8 Juni tiap tahunnya dirayakan sebagai Hari Laut Sedunia. Hari ini pertama kali diinisiasi pada tahun 1992 di Rio de Janeiro, Brazil. Deklarasi ini terinspirasi oleh sebuah acara yang diselenggarakan pada hari itu oleh Oceans Institute of Canada dan didukung oleh Pemerintah Kanada.

Baca juga: “Today in History: Hari Lari Sedunia

Pada tahun 2008 silam, tanggal 8 Juni kemudian dideklarasikan sebagai “Hari Laut Sedunia”. Tujuan adanya hari ini ialah untuk mengingatkan pentingnya melestarikan laut sebagai bagian dari kehidupan yang tidak dapat terpisahkan.

Mari dengan adanya hari ini, kita jaga laut Indonesia untuk keberlangsungan ekosistem yang ada di dalamnya.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.